Pengertian Wisata | Manfaat, Jenis dan Tipe-Tipe Wisatawan

Kata ‘wisata’ tentunya sudah tidak asing lagi di dengar pada saat ini, namun, apa sih sebenarnya definisi atau pengertian dari wisata itu sendiri?

Apa saja sih tipe-tipe wisatawan? Manfaat wisata? Dan jenis-jenis wisata?

Pada artikel ini akan dibahas mengenai pengertian pariwisata, manfaat wisata, tipe-tipe wisata, dan jenis-jenis wisata.


Pengertian Wisata


Image Source: tempatwisataseru.com

Wisata menurut kamus besar bahasa Indonesia merupakan berpergian bersama-sama dengan tujuan untuk bersenang-senang, menambah pengetahuan, dan lainnya.

Wisata juga dapat diartikan sebagai kegiatan perjalanan yang dilakukan seseorang, baik individu maupun kelompok dengan tujuan sebagai rekreasi dan liburan yang juga disertai dengan persiapan tentang perjalanan wisata ini.

Sementara itu, menurut UU No.10 Tahung 2009 tentang pariwisata juga memberikan definisi terhadap wisata, yaitu berbagai macam kegiatan wisuda yang didukung oleh berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan masyarakat, pengusaha, pemerintah daerah dan pemerintah.

Sedangkan menurut World Tourism Organization (WTO) Wisata adalah kegian manusia yang melakukan perjalanan dan tinggal di daerah tujuan di luar lingkungan sehari-hari.


Manfaat Wisata


Image Source: his-travel.co.id

Selain menghilangkan penat, berlibur dan bersenang-senang, wisata juga memiliki manfaat lainnya, antara lain dapat menambahkan kesempatan usaha bagi para penduduk ataupun masyarakat yang tinggal di sekitar area objek wisata.

Dapat meningkatkan perolehan kesejahteraan penduduk karena menyerap tenaga masyarakan yang berada di sekitar tempat wisata

Selain itu, manfaat lainnya lagi dari wisata adalah dengan terpeliharanya kebudayaan dan lestarinya lingkungan hidup. Masyarakat diharapkan akan selalu menjaga kelestarian dari objek wisata itu sendiri.


Tipe-Tipe Wisatawan


Image Source: okezone.com

Tidak hanya memiliki manfaat, wisata juga memiliki tipe-tipe para wisatawan yang dapat dikategorikan beberapa kategori sebagai berikut:

– Wisata petualang
– Wisata dengan minat khusus
– Wisata banyak minat
– Wisata backpacker


Jenis-Jenis Wisata


Berikut merupakan jenis-jenis wisata yang dapat dijadikan sebagai referensi berdasarkan minat wisata yang ingin dikunjungi:

– Wisata Alam

Image Source: hello-pet.com

Merupakan wisata dengan kegiatan perjalanan yang memiliki peminat besar, baik turis lokal, domestik bahkan internasional.

Wisata alam dapat diklasifikasikan ke berbagai jenis wisata misalnya gunung (climbing & hiking) dan wisata air terjun.

– Wisata Budaya

Image Source: mediaindonesia.com

Merupakan wisata menarik yang dapat mengenal lebih dalam tentang sisi-sisi kebudayaan dari tiap daerah tertentu.

Di Indonesia sendiri, wisata budaya sangat berkembang dan cukup banyak diminati, mengingat Indonesia merupakan negara yang memiliki beragar suku etnis.

– Wisata Pendidikan

Image Source: wisatasekolah.com

Merupakan wisata dengan tujuan untuk menambah ilmu pengetahuan, biasanya wisata pendidikan banyak dilakukan oleh kalangan pelajar dan mahasiswa.

– Wisata Bahari

Image Source: poskotanews.com

Merupakan wisata yang memiliki tujuan agar dapat melihat keindahan laut dan menyaksikannya secara langsung. Wisata bahari diantaranya adalah wisata pantai, wisata pulau dan wisata bawah laut.

– Wisata Sejarah

Image Source: tokopedia.net

Merupakan wisata yang berkaitan dengan kejadian secara di masa lalu atau lampau. Jenis wisata ini beberapa diantarnya adalah wisata museum dan wisata candi.

– Wisata Belanja

Image Source: kumparan.com

Merupakan wisata yang banyak diminati oleh para wanita dengan tujuan untuk kesenangan pribadi atau dijual kembali.

– Wisata Pertanian

Image Source: palembang.tribunnews.com

Merupakan wisata dengan tujuan agar dapat mengenal tentang pertanian, pengolahan hasil, pembibitan atau bahkan perkebunan.

Contoh wisata pertanian ada di beberapa tempat di bogor seperti kebun raya bogor dan inti agro wisata.

– Wisata Kuliner

Image Source: mytrip123.com

Merupakan wisata yang banyak diminati oleh setiap orang. Wisatawan kuliner yang mengkhususkan minatnya di jenis wisata ini biasa disebut food traveller.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.