Contoh Pidato 17 Agustusan Untuk Memperingati HUT RI di Sekolah

Contoh Pidato 17 Agustusan – Upacara merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

Dalam upacara terdapat susunan acara berupa penyampaian pidato oleh seseorang yang telah ditetapkan, biasa disebut dengan pidato 17 Agustusan.

Untuk memberikan pidato yang baik, maka harus bisa menyusun teks pidato dengan kata-kata yang informatif dan mudah dimengerti. Selain itu juga harus banyak berlatih dalam menyampaikan pidato agar dapat berjalan dengan lancar.


Pidato 17 Agustusan untuk Memperingati Hari Kemerdekaan di Sekolah


robit.id

Buat kamu yang ditunjuk sekolah untuk mewakili teman-temanmu memberikan pidato 17 Agustusan saat upacara di sekolah dan masih bingung untuk membuat teks pidato. Kamu bisa membaca contoh teks pidato dibawah ini untuk membantu kamu menyusun teks pidato.

1. Teks Pidato Kemerdekaan (contoh 1)

liputan6.com

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah
Yang terhomat Bapak/Ibu guru dan sStaff karyawan sekolah
Serta teman-teman yang saya banggakan

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, karena atas rahmatnya kita semua dapat berkumpul ditempat ini tanpa ada halangan suatu apapun untuk mengikuti upacara bendera dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

Hari ini pada tanggal 17 Agustus 2019, kita merayakan hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-74.

Dengan mengikuti upacara bendera ini untuk memperingati hari kemerdekaan bangsa Indonesia, saya berharap semoga kita bisa lebih lagi meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme kepada tanah air.

Generasi muda saat ini memiliki peranan penting demi kemajuan negara kita di masa yang akan datang. Kita harus bisa saling memberi motivasi dan membangkitkan semangat para generasi muda untuk melakukan perubahan bangsa agar rakyatnya semakin sejahtera.

Generasi muda Indonesia saat ini memiliki tugas yang penting untuk memajukan bangsa Indonesia dalam segala bidang.

Marilah kita menjadi pemuda Indonesia yang memiliki semangat juang yang tinggi dan selalu bersikap optimis untuk memberikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia.

Hal tersebut dapat diwujudkan dengan belajar yang rajin, mengikuti olimpiade-olimpiade untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Percayalah bahwa kita sebagai generasi muda dapat membawa perubahan yang lebih baik untuk negara Indonesia tercinta. Semangat berjuang, semangat belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Merdeka! Merdeka!

Wasalammu’alaikum Wr. Wb.

2. Teks Pidato Kemerdekaan (contoh 2)

mediantb.com

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua

Bapak kepala sekolah yang saya hormati
Bapak/Ibu guru, staff karyawan sekolah yang saya hormati
Dan teman-teman yang saya cintai

Sebelumnya, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT.

Saya juga ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato pada upacara hari ini untuk memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74.

Hadirin sekalian, seperti yang kita tahu setiap tanggal 17 Agustus kita memperingati hari kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Marilah kita mengenang kembali perjuangan para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia dari tangan penjajah. Jasa para pahlawan kita begitu besar dengan rela mengorbankan diri untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Sebagai penerus bangsa hendaknya kita dapat melanjutkan perjuangan para pahlawan kita yang terdahulu dengan semangat juang yang tinggi.

Kita dapat mengisi kemerdekaan dengan melakukan hal-hal yang positif. Sebagai pelajar kita harus berjuang dengan giat belajar untuk meneruskan perjuangan para pahlawan.

Kita harus memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi, berteman tanpa membedakan ras, suku dan agama serta selalu mencintai negara Indonesia. Salah satu caranya adalah menggunakan produk-produk asli buatan Indonesia.

Kita sebagai generasi muda berperan sebagai penopang kehidupan bangsa di masa depan, hendaknya dapat terus mempertahankan kemerdekaan bangsa ini.

Jangan sampai kita kembali dijajah oleh negara lain. Kita harus menjadi generasi muda yang mencerminkan kecerdasan bangsa dan membawa perubahan yang baik untuk negara Indonesia tercinta ini.

Dirgahayu Indonesiaku! Merdeka! Merdeka!

Terimakasih untuk semua perhatiannya, mohon maaf bila ada tutur kata yang kurang berkenan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Keyword: Contoh Pidato 17 Agustusan

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.