5 Tempat Wisata Alam Di Bogor yang Terletak di Wilayah Kabupatennya

Tempat wisata alam di Bogor banyak sekalia diminati wisatawan terutama wisatawan domestik. Wisata alam di Bogor tidak hanya puncak, tapi banyak wisata lainnya yang juga tak kalah menarik. Wisata alam di Bogor kebanyakan berada di wilayah kabupatennya bukan kota.

Kabupaten Bogor berbeda dengan Kota Bogor. Pusat pemerintahannya berada di Kecamatan Cibinong yang terletak di utara kota Bogor. Di Kabupaten Bogor kita bisa menjumpai tempat wisata favorit, seperti Taman Safari Indonesia yang berada di Cisarua.

Tempat Wisata Alam Di Bogor

Tak hanya wisata buatan yang terkenal di Bogor, tapi juga wisata alamnya. Bahkan bisa dibilang wisata alam di Bogor lebih menarik bagi wisatawan baik domestik maupun manca negara dibanding wisata buatannya. Berikut ini beberapa wisata alam yang terdapat di Kabupaten Bogor.

1. Puncak

hayukabogor.com

Kawasan puncak merupakan salah satu kawasan wisata yang selalu dipadati pengunjung saat musim liburan, terutama wisatawan dai Jakarta. Ada banyak obyek wisata yang bisa kalian nikmati di Puncak Bogor mulai dari telaga, puncak pass, kebun teh, paralayang, hingga air terjun.

Dikawasan ini juga terkenal dengan banyaknya penginapan murah. Bagi kalian yang ingin bermalam di daerah ini tidak perlu hawatir soal tempat berteduh. Disepanjang jalan menuju puncak atau disekitar penginapan banyak penjual camilan, seperti tukang jagung bakar. Pastinya akan sangat nikmat dimakan hangat-hangat untuk mengimbangi udara puncak yang dingin.

2. Gunung Gede Pangrango

theconversation.com

Gede Pangrango sebenarnya merupakan sebuah gunung yang berada di wilayah Kabupaten Cianjur dan Sukabumi. Untuk mencapai tempat wisata ini kalian harus melewati gerbang utama Taman Nasional Gede Pangrango. Salah satu gerbang utamanya berada di kelurahan Cibodas, Bogor.

Gunung ini termasuk salah satu gunung yang menjadi favorit para pendaki pemula karena jalur pendakiannya yang tidak terlalu sulit. Di taman nasional ini kalian juga bisa menikmati telaga biru, air terjun Cibeureum, Air panas, Kandang Batu dan badak, kawah gunung, dan alun-alun Suryakencana.

3. Gunung Salak

harnas.com

Nama gunung salak bukan berasal dari tanaman buah salak melainkan dari bahasa Sansekerta , yaitu salaka yang berarti perak. Gunung Salak merupakan salah satu gunung berapi yang ada di pulau Jawa. Termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun – Salak.

Puncak Salak berada pada ketinggian 2.211 m dpal. Banyak jurang curam disepanjang jalur pendakian gunung ini. Tubuh gunung hingga puncak ditutupi hutan yang lebat hingga menutupi kontur gunung. Kondisi ini sering kali menipu pendaki dan penerbang yang melewati kawasan ini.

Bahkan kasus terakhir yang pernah memakan korban akibat kondidi gunug ini adalah penerbangan maskapai Lion Air. Meskipun tergolong sebagai gunung yang rendah, tapi medannya cukup sulit bagi para pendaki.

4. Curug Cilember

ihappytour.com

Curug ini sebenarnya berada di kawasan wisata puncak Bogor. Ada mitos tentang curug ini, bahwa siapa saja yang mandi dengan air curug ini akan awet muda. Lokasinya berada di Jl. Raya puncak, Megamendung, Desa Cilember, Kecamatan Cisarua, Puncak Bogor.

Harga tiket masuk untuk menikmati sejuknya air terjun ini sekitar Rp 6000. Jam bukanya mulai pukul 08.00 hingga pukul 21.30 WIB.

5. Hutan Pinus Catang Malang

bogorraincake.com

Hutan pinus belakangan ini menjadi tempat wisata yang sedang booming di berbagai daerah di Indonesia. Mereka berburu spot foto yang bagus untuk feed instagram masing-masing. Di Bogor juga terdapat hutan pinus yang terkenal, yaitu Catang Malang.

Memasuki kawasan wisata ini ada hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 10.00 untuk tiket masuknya. Pemandangan ayang asri serta udara yang sejuk sudah bisa kalian nikmati.

Pilihan wisata alam di Bogor bisa menjadi alternatif wisata saat luburan untuk menghilangkan penat. Terutama bagi kalian yang berasal dari wilayah perkotaan, seperti Jakarta misalnya. Selain dekat, wisata alam bogor juga terbilang murah.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.