7 Tempat Wisata Cilacap yang Bisa Disinggahi Saat Mudik

Tempat Wisata Cilacap – Cilacap merupakan sebuah daerah yang berada di perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah. Bahasa yang digunakan di daerah ini juga ada dua, yaitu Bahasa Sunda dan Bahasa Jawa ngapak. Bahasa Sunda digunakan oleh penduduk yang dekat dengan wilayah Jawa Barat sedangkan yang dekat dengan wilayah Jawa Tengah kebanyakan menggunakan bahasa Ngapak.

Tempat Wisata Cilacap

Cilacap merupakan daerah pertemuan dua budaya, meskipun begitu daerah ini termasuk ke dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah. Tidak hanya perpaduan budayanya yang membuat Cilacap unik, tapi juga pariwisatanya. Banyak tempat wisata Cilacap yang selalu menarik minat wisatawan. Berikut ini beberapa tempat wisata Cilacap yang harus kalian kunjungi saat ke daerah ini.

1. Pulau Nusakambangan

m.kbr.id

Pulau yang terkenal karena terdapat lembaga permasyarakatan untuk penjahat kelas berat ini nyatanya menyimpan sejuta keindahan. Meskipun sering dianggap tempat ‘menyeramkan’ karena adanya Lapas Nusakambangan pulau ini banyak dikunjungi wisatawan.

Setidaknya ada 3 pantai yang terkenal di pulau ini, yaitu Pantai Kali Kencana, Pantai Kalipat, dan Pantai Ranca Babakan. Masing-masing pantai tersebut mempunyai daya tarik tersendiri yang memanjakan pengunjung.

2. Pantai Teluk Penyu

kompasiana.com

Meski bernama penyu kamu tidak akan menemukan penyu di pantai ini. Pantai ini adalah pantai laut selatan, tapi tidak langsung bertemu dengan samudra Hindia karena terhalang oleh Pulau Nusakambangan.

Meskipun begitu pantai yang satu ini terlihat sangat indah dengan latar belakang Pulau Nusakambangan. Menghabiskan waktu sambil menunggu senja di pantai ini adalah hal yang sayang untuk dilewatkan.

3. Benteng Pendem

nativeindonesia.com

Menurut sejarah benteng peninggalan Belanda ini sudah berdiri sejak tahun 1861. Benteng megah ini dulunya pernah terpendam tanah dan pasir sehingga dinamakan benteng pendem. Situs ini mulai digali pada tahun 1986 dan kini menjadi salah satu obyek wisata di Cilacap.

4. Curug Mandala (tempat wisata Cilacap)

Air terjun yang indah dan menyegarkan ini berada di Desa Mandala. Untuk mencapai tempat ini kalian perlu jalan cukup jauh melewati bukit serta menguras banyak tenaga. Semua itu akan terbayar saat kalian tiba di Curug Mandala yang cucuran airnya terbilang unik.

5. Kermit Forest (tempat wisata Cilacap)

Wisata kekinian top selfie juga hadir di Cilacap. Di Kermit forest kalian tak hanya bisa berfoto di spot-spot asyik, tapi juga menikmati pemandangan sekitar dari ketinggian. Terdapat hutan pinus dan juga spot foto sepeda dan ayunan gantung yang memacu adrenalin. Pastinya sangat cocok untuk feed istagram kalian.

6. Waduk Kubangkangkung

ksmtour.com

Waduk yang satu ini sebenarnya sudah ada sejak jaman Belanda loh. Jaman dulu waduk ini digunakan untuk sumber cadangan air bersih. Saat ini waduk Kubangkangkung lebih dimanfaatkan sebagai obyek wisata. Kalian bisa menikamati waduk sambil bersepeda air atau sekedar berwisata kuliner di pinggir waduk.

7. Pantai Kemiren (tempat wisata Cilacap)

beritasatu.com

Pantai yang satu ini berbeda dengan pantai Teluk Penyu. Ombak di pantai Kemiren cukup besar dan tidak setenang ombak di Pantai Teluk Penyu.

Para pengunjung disarankan untuk tidak berenang di pantai ini apa lagi bermain air hingga ke tengah tanpa pengamanan. Jangan khawatir meskipun tidak bisa berenag pemandangan saat sunset di pantai ini sangat indah untuk dinikmati bersama teman atau pacar.
Harga tiket masuk beberapa wisata diatas rata-rata adalah Rp 5000 kecuali Kermit Forest. Kalian akan dikenakan biaya sebesar Rp 20.000 untuk berfoto dan seru-seruan disana. Itulah tempat wisata Cilacap yang tak boleh dilewatkan saat kalian berkunjung kesana.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.