5 Tempat Wisata di Gunung Kidul yang Wajib di Kunjungi

Tempat Wisata di Gunung Kidul – Ketika Anda berada di Jogjakarta, maka sempatkanlah untuk berkunjung ke objek wisata alam Gunung Kidul. Kabupaten Gunungkidul sendiri letaknya berada sekitar 46 km sebelah Tenggara kota Jogjakarta.

Dibandingkan dengan daerah yang lain, kabupaten yang sebagian besar daerahnya berupa pegunungan kapur atau karst ini memang terbilang belum lama muncul sebagai destinasi wisata favorit di Jogjakarta.

Apa yang ditawarkan oleh Gunungkidul telah banyak membuat wisatawan tercengang karena ternyata daerah ini menyimpan begitu banyak tempat menarik yang secara alamiah dibentuk oleh alam.


Tempat Wisata di Gunung Kidul


Berikut adalah beberapa objek wisata alam yang ada di kabupaten Gunungkidul yang sangat menarik dan wajib untuk Anda kunjungi:

1. Gunung Api Purba Nglanggeran

Image Source: backpackerjakarta.com

Terletak di Kecamatan Patuk, gunung api purba ini letaknya sekitar 22 km dari kota Wonosari yang merupakan ibukota kabupaten Gunungkidul.

Dengan ketinggian 700 mdpl, Gunung yang tersusun atas batuan karst ini menawarkan panorama yang begitu luar biasa.

Pada puncak gunung, atau yang biasa disebut Gunung Gedhe, Anda akan dapat melihat indahnya pemandangan desa Nglanggeran.

Terdapat pula sebuah embung atau telaga buatan dengan luas 5.000 meter yang difungsikan sebagai sumber pengairan.

Anda juga dapat menikmati momen saat matahari terbenam dari titk tersebut.

2. Goa Pindul

Image Source: goapindultrip.com

Gua Pindul adalah sebuah gua yang terdapat sungai bawah tanah didalamnya, jadi kita harus menggunakan sebuah perahu atau ban untuk berjalan di dalamnya.

Itulah yang coba di eksplore dan ditawarkan oleh wisata Gua Pindul. Gua Pindul adalah Gua alam dengan aliran sungai yang ada di dalamnya, gua ini memilki panjang sekitar 350 meter, airnya sangat tenang dengan kedalaman kurang lebih 7-12 meter, sehingga kita harus mengunakan alat untuk melewatinya.

Di sini yang kita gunakan adalah sebuah ban dalam bekas, karenanya wisata Gua Pindul kemudian disebut dengan wisata cave tubing.

Wisata Gua Pindul terbagi kedalam 3 zona, yaitu zona ternag, remang-remang dan zona gelap. Di dalam Anda bisa menemukan sebuah lubang besar yang ada di atap gua, kebanyakan dari warga sekitar menyebutnya sebagai sumur terbalik.

Gua Pindul adalah salah satu gua yang memiliki stalagtit dan stalagmit yang luar biasa sangat indah, bahkan di Gua Pindul anda akan menjumpai sebuah tiang batu besar yang merupakan bentukan dari stalagtit dan stalagmit yang telah menyatu, konon ini adalahyang terbesar no 4 di dunia.

Di Gua Pindul juga ada 2 buah stalagtit yang sangat terkenal, yaitu stalagtit puting dan stalagtit jantan, ceritanya, siapa saja yang mendapatkan tetesan air dari stalagtit puting ini maka akan menjadi cantik dan awet muda.

Sedangkan siapa saja yang bisa memegang stalagtit jantan, maka dia akan langsung mendapatkan keperkasaan sebagai seorang lelaki ( vitalitas). Sepertinya layak untuk dicoba.

Gua Pindul terletak di desa Bejiharjo, Gunung Kidul Yogyakarta. Sangat mudah ditempuh dengan perjalanan darat.

Bahkan menurut kami, sistem pariwisata disana sudah tertata dengan sangat baik, sehingga memudahkan bagi kita yang kesulitan untuk menemukan lokasi Gua Pindul.

Ada beberapa operator yang menjadi operasional dari Gua Pindul. Kami sarankan jika Anda hendak berwisata kesana, Anda terlebih dahulu menghubungi pihak operator, sehingga akan lebih memudahkan bagi Anda.

Biasanya kita akan dijemput di jalan utama untuk masuk ke desa Bejiharjo, dan langsung diantar menuju lokasi.

3. Kali Oya

Image Source: gunungkidulku.com

Sungai Oya merupakan sungai terbesar di Gunungkidul. Namun, di sini Anda tidak akan diajak untuk masuk ke dalam goa, melainkan hanya menyusuri sungai sepanjang 1 kilometer.

Anda akan menemukan beberapa pertemuan arus yang membuat rakit bergoyang ke sana kemari bahkan dapat terbalik sehingga memacu adrenaline.

Di sungai Oya, Anda juga akan menemukan dua buah air terjun yang indah yang disebut air terjun pengantin.

3. Goa Jomblang

Image Source: eksotisjogja.com

Keindahan Goa Jomblang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Ini merupakan sebuah goa vertical yang mengharuskan pengunjung untuk memakai tali agar dapat masuk ke dalamnya.

Di dalam goa, Anda akan disuguhi pemandangan yang luar biasa, yakni hutan purba dengan beragam vegetasi.

Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan memasuki lorong sepanjang kurang lebih 300 meter hingga mencapai Luweng Grubug.

Dinding goa ini dihiasi oleh ornament – ornament cantik dan Anda pun akan dapat melihat sebuah tiang cahaya yang menembus masuk dengan ketinggian sekitar 90 meter.

4. Kalisuci

Image Source: visitingjogja.com

Setelah menikmati keindahan Goa Jomblang, Anda dapat berpindah ke Kalisuci yang menawarkan kegiatan cave tubing mirip seperti yang ada di Goa Pindul.

5. Wisata Pantai

Image Source: backpackercantik.blogspot.com

Selain sensasi bertualang ke dalam goa maupun susur sungai, Gunungkidul juga menawarkan keindahan pantai yang tiada duanya.

Ada banyak sekali pantai yang dapat Anda kunjungi di kabupaten Gunungkidul, beberapa di antaranya sudah sangat dikenal oleh wisatawan, seperti Indrayanti, Pok Tunggal, Timang, Baron, Nglambor, Kakap, Siung dan Wedi Ombo.

Namun, berbeda dengan pantai lain yang ada di Indonesia, masing – masing pantai yang ada di Gunungkidul menawarkan ciri khas yang berbeda – beda, contohnya Indrayanti dengan keindahan panoramanya, Siung dengan panjat tebing, Baron dengan kegiatan air, Nglambor dengan snorkeling dan lain sebagainya.

Jadi, persiapkan liburan Anda di Jogja dengan sebaik – baiknya dan masukkan tempat wisata alam Gunungkidul ke dalam daftar tempat yang akan Anda datangi.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.