7 Tempat Wisata Guilin Yang Menyejukkan Mata dan Pikiran

Tempat wisata Guilin yang populer kebanyakan adalah wisata alamnya. Guilin merupakan sebuah kota yang berada di negara RRC (Republik Rakyat Cina) atau Tiongkok. Kota yang terletak di bantaran Sungai Li ini sangat hijau. Hal itu juga yang membuat Guilin menjadi daerah tujuan wisata.

Tempat Wisata Guilin

Kota Guilin juga dikenal dengan topografi karstnya serta banyaknya pohon osmanthus atau sejenis zaitun. Kota ini juga berjuluk Hutan Osmanthus Manis karena banyaknya pohon osmanthus yang tumbuh di kota ini.

Tempat wisata Guilin tidak melulu berkaitan dengan kebun atau hutan osmantus. Berikut ini tempat wisata Guilin yang tak pernah mengecewakan untuk dikunjungi.

1. Sungai Li (tempat wisata Guilin)

jalan2.com

Sungai li atau Li jiang merupakan sebuah sungai yang melewati pegunungan Mao er di Xing an ke arah selatan yang juga melewati Guilin, Yangshuo, dan Ping le. Panjang dari sungai ini sekitaar 437 km. meyusuri sungai ini bersama pasangan saat berbulan madu sangatlah romantis.

Ada dua alternatif transportasi yang bisa digunakan untuk menyusuri sungai ini. Pertama menggunakan kapal besar dengan durasi selama 4 sampai 5 jam untuk 80 km perjalanan. Biaya yang dikenakan sebesar 300 yuan atau sekitar Rp 600 ribu sudah termasuk makan. Sedangkan untuk kapal kecil berjarak dan durasi singkat , yaitu 10 – 20 km tarifnya sekitar 5 – 10 yuan.

2. Area Persawahan Padi Bertingkat, Longsheng

Area persawahan ini merupakan salah satu lahan persawahan terindah di dunia. Jika kalian mengunjungi saat musim hampir panen kalian akan menikmati hamparan sawah berwarna kuning. Sedangkan saat musim tanam kalian akan dimanjakan dengan hijaunya padi.

3. Desa Xingping (tempat wisata Guilin)

Salah satu desa yang paling ikonik dan sering dikunjungi para rombongan wisatawan adalah Desa Xingping. Di Xingping kalian bisa menikmati indahnya ‘ kota tua’ dengan jalan-jalan tua dan banyak penjual makanan serta pernak pernik. Ada gunung yang bisa didaki, dermaga feri untuk melintasi sungai Li. Dan masih banyak lagi.

4. Desa Cuiping (tempat wisata Guilin)

Desa Cuiping merupakan sebuah desa budaya yang tak jauh berbeda dengan desa-desa lainnya yang ada di Guilin. Daerah ini tetap mengandung old vibe yang kental seperti desa Xinping. Keindahan desa Cuiping sudah tidak diragukan lagi. Banyaknya wisatawan yang mengunjungi desa ini adalah bukti dari indahnya tempat wisata ini.

5. Gua Suling Merah

onedio.com

Gua karst yang ada di Guilin ini sangatlah indah. Stalagtit dan stalagmit yang ada di dalam gua diberi penerangan lampu warna warni yang menambah keindahan gua. Gua ini merupakan salah satu gua terindah yang ada di China dan telah dikunjungi selama lebih dari 1000 tahun. Terdapat alang-alang yang tumbuh di dasar gua. Tumbuhan tersebut digunakan warga setempat untuk membuat seruling.

Red Flute Cave juga memiliki banyak cerita legenda yang membuatnya semakin spesial. Salah satu stalaktitnya dipercaya sebagai tombak ajaib Raja Naga, yang digunakan oleh Sun Ko Gong.

6. Pagoda Danau Fir

caripoker.net

Pagoda yang berdiri di atas danau Fir disebut Pagoda Matahari dan Bulan. Kedua pagoda tersebut juga dikenal sebagai pagoda emas dan perak karena warnanya saat malam hari. Obyek wisata ini merupakan pagoda perunggu tertinggi di dunia sekaligus yang tertinggi di atas air.

7. Wisata Rakit Sungai Yulong

pixabay.com

Tak lengkap rasanya bila mengunjungi Guilin tanpa menikmati Sungai Yulong dengan menaiki rakit. Wisata ini mengingatkan kita seperti wisata gondola di Venesia hanya saja lebih alami.

Keberadaan osmanthus tidak semata-mata hanya untuk menarik wisatawan, tapi juga sebagai sumber mata pencaharian. Osmanthus juga banyak digunakan sebagai bahan baku parfum, teh, dan obat herbal oleh orang Tiongkok.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.