5 Tempat Wisata Kuningan yang Paling Menarik untuk Dikunjungi

Kuningan merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Barat, terletak tepat di sebelah selatan kota Cirebon. Berbicara tentang destinasi wisata, Kuningan mempunyai pesonanya tersendiri dalam perihal objek wisata.

Apakah kamu sudah pernah berkunjung ke Kuningan? Meski hanya sebuah kabupaten namun tempat wisata Kuningan cukup bervariasi dan sangat recommended untuk dikunjungi.

Tempat Wisata Kuningan

Kuningan memiliki banyak pesona mulai dari pemandangan alam pegunungan, eksotisnya berbagai jenis air terjun atau curug, hingga beberapa lokasi objek wisata budaya pun tersedia di Kuningan.

Beragam destinasi wisata di Kuningan ini tentu menarik untuk dikunjungi. Tak kalah dari kota-kota di Jawa Barat lainnya seperti Bandung, Cirebon, maupun Bogor, Kuningan mungkin saja bisa menjadi pilihan destinasi wisata terbaik kamu di tahun ini.

Nah, ada objek wisata apa saja sih di Kuningan, yuk mari kita bahas.

1. Hutan Desa Setianegara

nyero.id

Sunset atau sunrise hunter pasti senang saat mengetahui lokasi ini. Di lokasi pertama ini kamu dapat menikmati keindahan sunset maupun sunrise yang sangat epic dan tak biasa.

Kawasan hutan yang memiliki kekayaan flora dan fauna ini dikelilingi oleh pedesaan yang asri dan sejuk. Untuk sampai ke lokasi ini, kamu harus trekking dulu hingga sampai di lokasi camping. Sangat recommended nih bagi yang hobi hiking.

2. Gunung Ciremai

wisatakota.web.id

Gunung yang sudah identik dan melekat dengan Kabupaten Kuningan ini merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat sekitar 3.080 mdpl. Gunung ini menjadi salah satu destinasi terfavorit para pendaki di Indonesia.

Seperti di gunung lainnya, pemandangan yang ditawarkan tidak akan pernah mengewakan pengunjungnya. Selain bisa menikmati sunset maupun sunrise dari ketinggian, kamu juga menikmati keindahan alam seperti hamparan bunga edelweiss, kabut tebal, kawah, dan lain sebagainya.

3. Situ Wulukut

phinemo.com

Sebagian orang menyebut telagi ini sebagai Ranu Kumbolonya Kuningan. Karena latar pemandangan bukit hijau yang berada di sekeliling Situ Walukut, hampir mirip dengan landscape Ranu Kumbolo.

Bedanya jika ranu kumbolo terletak di lereng gunung, Situ Walukut terletak di sebuah desa bernama Nusaherang. Tanpa perlu mendaki terlebih dahulu kamu dapat dengan mudah mencapai lokasi ini.

Bagi yang belum pernah ke Ranu Kumbolo karena belum berani mendaki, tidak ada salahnya mencoba ke Situ Walukut terlebih dahulu untuk menikmati keindahan alam dengan sensasi yang sama.

4. Gedung Perundingan Linggarjati

sahuri-spunk.blogspot.com

Banguan ini merupakan saksi sejarah dimana perjanjian linggarjati dibuat. Berada di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Tempat ini cocok bagi kamu yang menyukai sejarah sambil mengenang jasa-jasa perjuangan pahlawan terdahulu.

Gedung Linggarjati berada di lingkungan yang dikelilingi oleh taman rumput dan pepohonan yang asri. Berkunjung ke bangunan bersejarah ini akan membuat kamu merasa nyaman dan damai.

Untuk menjaga keasliannya, bangunan dan perabotan yang ada di gedung ini sama sekali tidak ada yang dirombak, persis sama dengan fakta sejarah yang ada. Sehingga saat kamu memasuki setiap ruangan demi ruangan kamu seolah-olah kembali terseret kembali ke masa lalu.

Seperti gedung bersejarah lainnya, di gedung ini kamu dapat melihat foto-foto dokumentasi yang terpajang di dinding gedung, sebagai rekam jejak peninggalan sejarah yang pernah ada.

5. Taman Purbakala Cipari

mulaisajamenulis.com

Satu lagi tempat wisata budaya di Kuningan yaitu Taman Purbakala Cipari. Disebut purbakala karena tempat ini dipercaya sebagai lokasi pemukiman manusia purba di masa neolitikum.

Hal ini dibuktikan dengan penemuan peti kubur batu, perunggu, perkakas dapur, gerabah, serta benda-benda purbakala lainnya. Jika sekilas melihat lokasi taman ini, memang dipenuhi oleh berbagai batuan unik yang seolah-olah pernah diukir oleh manusia.

Bagi kamu yang berencana akan berkunjung ke Kuningan, jangan lupa mampir ke lima lokasi wisata di atas ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.