9 Tempat Wisata Lumajang Terbaik yang Layak Kamu Kunjungi

Tempat Wisata Lumajang – Lumajang merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten lumajang sering disalah artikan sebagai bagian dari Madura atau berada di kepulauan tersebut. Tak heran memang karena Bahasa Madura merupakan bahasa yang umum digunakan di sana.

Tempat Wisata Lumajang

Banyak wisata yang terdapat di Kabupaten Lumajang, terutama wisata alamnya. Lumajang juga terkenal sebagai daerah yang subur karena letaknya yang berada di tengah-tengah 3 gunung berapi. Gunung Bromo, Semeru, dan Tengger merupakan tiga gunung berapi aktif yang mengelilingi daerah ini.

Wilayah administratif Kabupaten Lumajang berbatasan dengan Kabupaten Jember di timur, Malang di barat, Probolinggo di utara, serta Samudra hindia di selatan. Berkat kondisi geografisnya tempat wisata Lumajang yang berkaitan dengan alam lebih diunggulkan. Berikut ini beberapa tempat wisata Lumajang yang dapat kalian kunjungi.

1. Ranu Klakah (Wisata Lumajang)

travel.tempo.co

Ranu Klakah merupakan sebuah danau kawah gunung berapi yang terbentuk akibat adanya erupsi. Danau ini memiliki luas sekitar 20 hektare dengan Gunung Lemongan sebagai latar belakangnya. Refleksi Gunung Lemongan terlihat jelas di permukaan air danau ini saking jernihnya. Di danau ini terdapat berbagai macam jenis ikan, seperti gabus, wader, dan mujaer.

2. Pantai Bambang

pantainesia,.com

Lokasi pantai ini berada di Rekasan, Bago, Kecamatan Pasirian, Lumajang. Akses atau jalan menuju ke kawasan pantai ini sudah bagus karena sudah di cor beton dan sebagian di aspal. HTM untuk masuk ke pantai ini sekitar Rp 8000. Ada beberapa penjual ikan bakar di pantai ini yang menawarkan dagangannnya dengan harga yang murah.

3. Pantai Watu Godeg

youtube.com

Obyek wisata Pantai Watu Godeg memiliki pemandangan alam sekitar yang indah. Meskipun pasir di pantai ini hitam, tapi mitos dari pantai ini tetap saja selalu mengundang pengunjung. Berdasarkan cerita yang beredar, barang siapa yang berendam di laut Pantai Watu Godeg dapat sembuh dari penyakit kulit.

4. Goa Tetes

jejakpiknik.com

Goa yang satu ini mirip seperti goa yang ada di film-film. Letak goa ini tepat berada di bawah air terjun sehingga jika ingin menikmati wisata ini harus siap basah-basahan. Tak hanya itu air juga merembes ke badan gua. Biaya tiket masuknya sebesar Rp 3000 perorang.

5. Hutan Bambu Sumber Mujur

pojokpitu.com

Di Desa Wisata Sumbermujur, Kecamatan Caandipuro, Lumajang terdapat sebuah hutan bambu yang menarik untuk di kunjungi. Di tempat ini wisatawan tidak hanya disuguhi dengan pemandangan hutan bambu yang rimbun, tapi juga beberapa satwa. Ada kalong dan kera yang bisa diberi makan pengunjung.

6. Mata Air Sumber Deling (Wisata Lumajang)

Masih dikawasan yang sama dengan Hutan Bambu Sumbermujur terdapat mata air yang bernama Sumber Deling. Mata air yang satu ini dimanfaatkan warga untuk keperluan sehari-hari dan irigasi. Di sumber mata air ini juga terdapat beberapa jenis ikan yang hidup didalamnya.

7. Pura Mandhara Giri Semeru Agung

adventurewisata.blogspot.com

Pura yang merupakan tempat peribadatan umat Hindu banyak terdapat di Pulau bali, tapi ternyata Pura tertua justru ada di Kabupaten Lumajang. Mandhara Giri Semeru agung merupakan pura tertua yang ada di Indonesia. Banyak wisatawan terutama umat Hindu yang datang ke tempat ini.

8. Puncak B-29 (Wisata Lumajang)

faktualnews.co

Mendengar nama obyek wisata yang satu ini pasti mengingatkan kita dengan salah satu merek detergen. Puncak yang satu ini tak pernah sepi pengunjung terutama mereka yang suka dengan fotografi alam. Untuk masuk kekawasan wisata ini tidak dikenakan biaya. Hanya saja jalan dari parkiran ke puncak cukup jauh. Biasanya wisatawan yang datang menggunakan jasa ojek untuk ke puncak dengan biaya Rp 50.000 sekali jalan.

9. Air Terjun Kabut Pelangi

brobali.com

Dinamakan kabut pelangi karena derasnya kucuran air terjun menimbulkan efek cipratan air berwarna pelangi.tiket masuknya cukup murah, yaitu sebesar Rp 5000 saja.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.