7 Tempat Wisata Nganjuk ini Paling Hits, Kece, dan Wajib Kamu Singgahi

Terletak di Provinsi Jawa Timur, Nganjuk berbatasan langsung dengan Kabupaten Bojonegoro, Jombang, Ponorogo, serta Kediri. Letak geografisnya yang diapit oleh Gunung Kendeng dan Gunung Wilis membuat tempat wisata Nganjuk dihiasi oleh bentangan pesona alam yang eksotis dan menawan.

Tak hanya wisata alam, Kota Angin ini juga memiliki destinasi jenis wisata lainnya. Seperti wisata budaya serta situs-situs bersejarah yang tak kalah epic dari kota-kota lainnya di Jawa Timur.

Destinasi Wisata di Nganjuk yang Lagi Beken

Berikut beberapa destinasi wisata Nganjuk yang wajib kamu kunjungi saat berada di Kota Anjuk Ladang ini:

1. Bukit Batu Songgong

nusantaranews.co

Seperti sebuah monumen alam, kawasan ini terdiri dari susunan lempengan batu yang tertata di sebuah taman. Keindahan batu-batu yang unik berpadu dengan hijaunya pesona alam dan perbukitan di sekitarnya.

Untuk menuju ke taman batu ini, kamu harus melewati rintangan jalan berbatu yang terdiri dari tanjakan dan turunan yang cukup terjal. Jadi harus terus berhati-hati ya agar sampai di bukit ini dengan sehat dan selamat.

2. Candi Ngetos

jejakpiknik.com

Salah satu situs bersejarah peninggalan Kerajaan Majapahit yang terletak ini Desa Ngetos, Nganjuk, Jawa Timur. Candi yang dibangun pada abad ke-15 ini digunakan sebagai tempat pemakamana Raja Hayam Wuruk.

Sejak awal pembangunannya, Candi Ngetos telah mengalami banyak pemugaran karena keadaan bangunan yang semakin lapuk termakan usia. Meskikpun berkali-kali dipugar, hal ini tak mengurangi nuansa jejak legendaris yang tertinggal di setiap sudut bangunannya.

3. Museum Anjuk Ladang

surabaya.tribunnews.com

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Nganjuk dahulunya disebut sebagai Kota Anjuk Ladang yang kemudian nama ini diresmikan sebagai nama sebuah museum.

Salah satu tempat bersejarah yang digunakan untuk mengenang sejarah dari Kota Nganjuk sendiri. Museum ini terkenal dengan patung Lara Bengok yang menjadi ikon utamanya. Selain itu kamu juga dapat menjumpai koleksi berbagai jenis arca dan patung-patung lainnya di museum ini.

4. Monumen Jenderal Soedirman

touringmotor.info

Tempat wisata Nganjuk keempat ini dibangun sebagai bentuk penghormatan bagi sang pahlawan nasional, Jenderal Soedirman. Terletak di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk.

Tak jauh dari disini, kamu juga dapat mengunjungi sebuah museum yang berjarak 3 km dari monumen. Setiap tahunnya museum ini biasa digunakan sebagai tempat acara Napak Tilis.

5. Sendang Putri Wilis

yangrame.com

Salah satu tempat wisata yang menjadi favorit masyarakat Nganjuk, tempat ini dikenal dengan pesona alamnya yang mempesona. Keindahan air terjun yang dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dipadu dengan irama kicauan burung menambah asri suasana lingkungan sekitar.

Tak hanya itu, sesampainya disini kamu akan tergoda untuk langsung terjun ‘nyemplung’ ingin mandi. Selain karena airnya yang sangat jernih, keberadaan bebatuan di sekelilingnya menambah nuansa eksotis lingkungan sekitar.

6. Bukit Salju Ngetos

hipwee.com

Tempat wisata Nganjuk keenam ini termasuk ke dalam daftar wisata kekinian. Disini kamu akan dimanjakan oleh banyak spot kece untuk befoto. Seperti rumah pohon unik dan dekorasi payung warna-warni yang sangat instagrammable.

Selain itu, deretan pepohonan yang rindang menambah nuansa sejuk dan kedamaian tersendiri bagi yang berkunjung.

7. Goa Margo Tresno

eastjava.com

Bagi kamu yang berjiwa petualang, jika ke Nganjuk kamu wajib berkunjung ke goa yang satu ini. Pemandangan indah di kanan-kiri goa akan kamu nikmati selama menyusuri goa ini.

Itulah beberapa wisata Nganjuk yang dapat kami rekomendasikan. Jangan lupa jika berkunjung ke Nganjuk mampir ke tujuh lokasi di atas ya. Sekalian abadikan momen kamu dan upload ke media sosial. Selamat berpetualang!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.