7 Tempat Wisata Tegal yang Bisa Disinggahi Saat Mudik

Tempat Wisata Tegal – Tegal merupakan sebuah daerah di Provinsi Jawa Tengah yang terkenal karena bahasa Ngapaknya. Jauh sebelum Bahasa Ngapak khas Kebumen booming, Bahasa Ngapak khas Tegal lebih dulu memasuki industri hiburan.

Tempat Wisata Tegal

Banyak para artis yang berasal dari Tegal atau hanya sekedar memakai dialek Tegal untuk aksi panggung mereka. Tegal juga dikenal luas berkat adanya warteg atau warung Tegal. Sebuah warung makan yang menyajikan ramesan khas Tegal.

Tak hanya warteg dan dialeknya, tempat wisata Tegal juga sudah dikenal luas. Baik wisata yang terdapat di Kota Tegal maupun yang ada di kabupatennya. Berikut ini beberapa wisata tegal yang patut kalian kunjungi.

1. Pantai Purin (tempat wisata Tegal)

kabar24.bisnis.com

Purwahamba Indah atau yang lebih dikenal dengan singkatan Purin merupakan sebuah pantai yang ada di Tegal. Pantai indah ini berada Desa Purwahamba, Kecamatan Suradadi. Dan letaknya sangat strategis. Tiket masuk ke kawasan Pantai Purin dipatok sekitar Rp 2500 – Rp 3500.

Seperti kebanyakan pantai di daerah utara, ombak di pantai purin juga tidak terlalu besar sehingga aman untuk berenang. Tidak hanya itu fasilitas yang terdapat di pantai ini juga cukup lengkap. Mulai dari gazebo, toilet, dermaga, kolam renang, cafe, display pesawat Boeing 737, dan masih banyak lagi.

2. Waduk Cacaban (tempat wisata Tegal)

jejakpiknik.com

Menurut informasi yang beredar waduk ini digagas dan dibagun di era Presiden Soekarno. Tujuan dibuatnya bendungan ini adalah sebagai tempat untuk menampung pasokan air penduduk setempat.

Saat ini tidak hanya sebagai tempat menampung untuk kebutuhan air warga dan irigasi, tapi juga sebagai destinasi wisata. Waduk ini memiliki pemandangan sekitar yang indah ditambah lagi adanya fasilitas perahu dan warung apung semakin menambah daya tarik tempat ini.

3. Situs Manusia Purba Semedo

inibaru.id

Situs manusia purba Semedo bisa dikatakan sebagai harrta karunnya Tegal. Letaknya berada di jajaran Pegunungan Serayu Utara. Situs manusia purba Semedo tersimpan di Museum Manusia Purba Kalster Bukuran.

Di tempat ini terdapat pecahan tengkorak Homo Erectus serta fosil binatang purbakala. Biaya masuk untuk menikmati situs bersejarah ini sebesar Rp 5000.

4. Pantai Alam Indah

inovasee.com

Obyek wisata yang satu ini merupakan wisata pantai yang terkenal di Tegal selain Pantai Purin. Pantai ini sangat terawat terlihat dari bersihnya kondisi pantai. Selain itu kondisinya juga tenang dan menyejukkan.

Harga tiket masuknya sekitar Rp 5000 per-orang dan tarif parkirnya Rp 5000 untuk mobil sedangkan motor Rp 3000.

5. Waterpark Gerbangmas Kota Bahari

hargatiket.net

Tegal juga memiliki waterpark seru yang berlokasi di Sumurpanggang, Margadana, Kota Tegal. Waterpark ini dibuka dari jam 08.00 – 17.00 WIB dengan HTM sebesar Rp 25.000.

Wahana air yang ada di wisata ini, diantaranya olympic pool, kiddy pool, wild river, wave pool, wet futsal, octopus pool, junior pool, dan senior pool.

6. Pantai Muarareja (tempat wisata Tegal)

wisatategal.com

Memiliki panjang sekitar 1 kilometer, pantai yang termasuk jajaran pantura di Tegal ini masih sepi pengunjung. Tempat wisata ini terbilang baru dan belum dikelola secara resmi oleh pemerintah setempat.

Warga sekitar mengelola tempat wisata ini secara swadaya. Kalian cukup merogoh kocek sebesar Rp 3000 untuk menikmati kawasan pantai ini. Dikawasan ini sudah terdapat beberapa fasilitas,seperti toilet dan lesehan atau warung makan.

7. Pantai Pulau Kodok

Primadona baru wisata pantai di Kota Tegal selain pantai Muarareja adalah Pantai Pulau Kodok. Banyak pengunjung yang datang kesini karena penasaran apakah banyak kodok di pantai ini.

Tentu kalian tidak akan menemukan kodok di pantai ini karena itu hanya sebuah nama. Pantai ini akan dijadikan kawasan wisata kota air oleh pemerintah setempat.

Nah, banyak kan pillihan tempat wisata Tegal? Sebanyak menu lauk pauk yang kalian jumpai di warteg. Tempat wisata mana yang paling kalian ingin kunjungi.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.