7 Tempat Wisata Tulungagung yang Bisa Kalian Kunjungi Bersama Teman

Tempat Wisata Tulungagung – Tulungagung merupakan sebuah kabupaten di Jawa Timur yang terkenal sebagai daerah penghasil marmer. Kabupaten Tulungagung berbatasan langsung dengan Kabupaten Blitar di timur, Samudra Hindia di selatan, Trenggalek di barat, dan Kediri di utara.

Tempat Wisata Tulungagung

Gunung wilis merupakan titik tertinggi yang ada di sebelah barat laut kabupaten ini. Wilayah dari Kabupaten Tulungagung seperti terbelah dua antara bagian utara dan selatan. Hal ini karena terdapatnya Kali Ngrowo yang merupakan anak dari Sungai Brantas.

Dikenal sebagai penghasil marmer terbesar di Indonesia, ternyata industri pariwisata Tulungagung cukup berkembang. Tempat wisata tulungagung cukup dikenal luas terutama wisata pantai, candi, dan air terjun. Berikut ini beberapa tempat wisata yang ada di Tulungagung.

1. Pantai Popoh (tempat wisata Tulungagung)

pantainesia.com

Pantai Popoh merupakan salah satu pantai paling terkenal di Kabupaten Tulungagung. Lokasinya berada di Watulimo, Popoh, Besole, Kecamatan Besuki, Tulungagung. Saat musim liburan pantai ini tak pernah sepi pengunjung. Harga tiket masuknya sekitar Rp 15.000 perorang. Beberapa obyek wisata yang bisa kalian nikmati di pantai ini, antara lain makam bersejarah, tebing yang sudah diberi pagar, serta perahu maupun kano.

Selain hal-hal tersebut pada hari-hari tertentu ada tradisi upacara adat yang dilakukan di pantai ini. Jika kalian beruntung dan datang diwaktu yang tepat, kalian juga bisa ikut menikmati atau melihat ritual tersebut.

2. Pantai Kedung Tumpang

ngetripyuk.id

Lokasinya beralamat di Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung. Tarif untuk masuk kawasan pantai ini cukup murah, yaitu sebesar Rp 5000 saja. Untuk parkirnya kalian akan dikenakan tarif Rp 3000 untuk motor dan Rp 5000 untuk mobil. Jika kalian datang saat hari biasa dan tidak ada petugas yang menjaga kalian bisa masuk secara gratis.

3. Grojogan Sewu Alam Kandung Tulungagung

ksmtour.com

Air terjun yang satu ini memiliki nama Air terjun Alam Kandung, tetapi sering juga disebut sebagai Grojogan Sewu atau Air Terjun Alas Kandung. Lokasinya dapat diakses melalui Desa Tanen, Kecamatan Rejotangan, tulungagung.

Air terjun ini sangat unik karena karakteristik batuan kapur pada tebingnya yang bergurat-gurat memebuat aliran air terjun merambat halus. Tidak hanya itu air yang mengalir terlihat seperti memiliki warna tosca. Biaya tiket masuknya cukup murah, yaitu Rp 6000.

4. Candi Dadi (tempat wisata Tulungagung)

ibnuwajak.id

Candi yang satu ini sangat unik dan misterius karena terletak diatas bukit dengan ketinggian 360 meter dpal. Dulunya candi ini digunakan sebagai tempat pemujaan dan pengabuan. Bentuk candi adalah bujursangkar dengan ukuran 14 x 14 meter dengan tinggi 6,5 meter.

5. Giri Bolo (tempat wisata Tulungagung)

youtube.com

Wisata ini merupakan sebuah bukit bekas pemakaman Cina yang sudah ada sejak era penjajahan Belanda. Kini Giri Bolo akan dijadikan sebuah kawasan wisata edukatif oleh pemerintah setempat. Di tempat ini juga terdapat makam Nyo Roro Kembang Sore.

6. Agrowisata Blimbing Mulyono

youtube.com

Siapa diantara kalian penyuka buah belimbing? Bagi kalian penyuka buah berbentuk bintang ini tak boleh melewatkan agrowisata buah belimbing di Boyolangu, Tulungagung. Disini pengunjung akan diajarkan bagaimana cara membudidayakan buah belimbing serta memanennya. Hasil panen buahnya bisa dinikmati dan dibawa pulang.

7. Bendungan Wonorejo, Tulungagung

Bendungan atau waduk yang satu ini merupakan kebanggaan Tulungagung. Waduk yang berada di Kecamatan Pagerwojo, Tulungagung ini merupakan waduk terbesar se Asean atau se Asia Tenggara. Untuk menikmati keindahan waduk ini pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 10.000. fasilitas di sekitar waduk ini cukup lengkap, mulai dari jogging track hingga spot foto.

Itulah sekilas mengenai tempat wisata Tulungagung. Pastinya tempat-tempat diatas tidak akan mengecewakan kalian.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.