8 Tips Mudah Penulisan Skripsi Bahasa Inggris dari Persiapan Sampai Sidang
businessadvice.co.uk

8 Tips Jitu Penulisan Skripsi Bahasa Inggris dari Persiapan Sampai Sidang

Posted on

Menyusun skripsi bahasa Inggris merupakan tugas wajib bagi mahasiswa yang mengambil jurusan bahasa Inggris baik pendidikan maupun sastra. Menyusun skripsi dalam bahasa Inggris memang tidak gampang, mengingat dalam bahasa Inggris dibutuhkan vocab yang luas dan kemampuan dalam tata bahasa atau grammar yang tepat.

Anda juga tidak perlu khawatir atau risau dengan revisi yang begitu banyak dan harus dibenahi, percayalah itu adalah proses anda dalam belajar. Untuk membantu anda dalam tugas akhir dalam meraih gelar akademis, berikut kami hadirkan kiat menyusun skripsi bahasa Inggris dengan mudah:

Persiapan sebelum menulis skripsi

1. Kamus dan buku grammar

Kamus merupakan unsur terpenting dalam menyusun skripsi bahasa Inggris, terlebih kita yang dalam keseharian menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa daerah masing-masing. Disamping itu sebanyak apapun vocab yang kita miliki kamus tetaplah harus tersedia di tangan.

Kamus ini penting anda miliki karena mengingat buku yang akan anda gunakan sebagai literature menggunakan bahasa Inggris, sebanyak apapun kosa kata bahasa Inggris anda kamus tetap harus ada karena kemungkinan besar ada kalimat tertentu dalam buku tersebut yang memiliki struktur kata yang terlalu rumit atau ada kata- kata tertentu yang tidak anda ketahui artinya.

Anda sangat tidak disarankan untuk menggunakan kamus saku, karena kamus yang praktis dan ringan hanya berfungsi membantu anda dalam mengerjakan skripsi saat dalam perjalanan sedang kamus utama seperti Longman atau Cambridge tetap harus anda miliki. Untuk melancarkan tugas akhir anda miliki buku grammar yang lengkap untuk membantu anda dalam menentukan tata bahasa yang tepat untuk skripsi bahasa Inggris anda nantinya.

2. Lengkapi sumber buku berbahasa Inggris

Sumber literatur yang berasal dari buku berbahasa Inggris sangat penting anda miliki untuk memudahkan anda dalam menemukan ide utama. Segala sesuatu butuh perjuangan, mungkin di kampus anda sudah memiliki perpustakaan yang lengkap untuk menunjang keberhasilan anda dalam menyusun skripsi bahasa Inggris.

Namun jika dirasa belum cukup atau masih kurang jangan ragu untuk bertandang ke kampus lain. Selain itu dalam memilih literature buku harus cermat karena tidak semua buku berbahasa Inggris sesuai dengan tema skripsi anda.

Sehingga sebelum memutuskan memilih buku yang untuk menyusun skripsi bahasa Inggris sebaiknya anda mengetahui arah dari skripsi anda secara garis besar untuk mempermudah anda dalam menemukan sumber buku yang sesuai.

Setelah semua peralatan anda miliki seperti buku dan kamus maka yang harus anda lakukan adalah menulis poin penting yang terdapat dalam buku tersebut yang anda rasa sesuai dengan tema skrispsi yang akan anda bahas.

Dalam mencatat poin penting dalam menyusun skripsi bahasa Inggris dibutuhkan ketelitian dan kecermatan tentang mana isi buku yang sesuai dan tidak sesuai dengan tema karya ilmiah anda.

Supaya poin penting yang anda ambil benar-benar tepat maka anda harus menguasai alur fikiran dari sang pengarang buku. Anda bisa memanfaatkan metode membaca cepat untuk mengetahui maksud yang tersirat dari buku tersebut.

Tips Penulisan skripsi bahasa inggris

3. Menyusun ide utama

Dalam menyusun ide utama anda bisa menentukan pertanyaan penelitian dan judul skripsi. Hal ini anda lakukan setelah berhasil menemukan poin-poin penting dari isi buku yang telah anda baca. Anda bisa memasukkan poin tersebut pada setiap bab yang akan anda bahas, selain itu anda cukup mencatat pokok fikirannya saja tidak harus terlalu detail. Lalu anda bisa melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing menyusun skripsi bahasa Inggris anda.

4. Ikuti panduan pengutipan kalimat yang benar

Jika anda tidak berhati-hati dalam pengutipan maka anda bisa dituduh dengan penjiplakan atau plagiat. Hal ini sangat berbahaya bagi anda karena aksi plagiarism merupakan salah satu pencurian hak miliki seseorang sehingga bisa dikenai sanksi akademik bahkan terancam terjerat hukum.

Untuk menghindarinya anda bisa mengikuti panduan pengutipan kalimat yang benar tidak lupa menyertakan sumber dengan komplit. Belajarlah untuk jujur dalam mengerjakan skripsi, hindari menjiplak apalagi menggunakan skripsi orang lain untuk meraih gelar akademik anda karena hal itu tidak akan mendatangkan keberkahan untuk kehidupan dan rejeki anda nantinya.

5. Teliti tulisan anda sebelum bimbingan dengan dosen

Setelah menulis dan menyusun skripsi bahasa Inggris hingga beberapa halaman yang sekiranya akan anda konsultasikan, sebaiknya anda mengeditnya terlebih dahulu. Hindari menulis sembari mengedit karena akan tidak efektif dan membuat waktu anda tersita banyak. Proses pengeditan yang dilakukan setelah selesai menulis beberapa halaman membuat proses pengeditan menjadi lebih singkat dan efektif karena kita tidak perlu membolak balik kalimat setiap selesai menulis.

Yang perlu anda lakukan saat proses pengeditan adalah melakukan pengeditan isi mulai dari penulisan kata yang benar, ketajaman anda dalam berfikir dengan memperhatikan kutipan dengan deskripsi yang anda buat, kesesuaian isi, dan hubungan makna antar kalimat yang sistematis dan sesuai.

Setelah itu anda bisa lanjut ke tata bahasa atau grammar. Dalam mengedit tata bahasa ini anda mesti memiliki pengetahuan tata bahasa dalam bahasa inggris yang cukup dan mempunyai buku-buku tentang grammar yang mumpuni dan jika anda tidak mempunyai buku grammar tersebut anda bisa mendapatkan di perpustakaan kampus.

6. Bersabar dan berusaha

Dalam proses menyusun skripsi bahasa Inggris ini tidak jarang diliputi rasa malas dengan aktifitas menulis, mencari buku, dosen yang sukar ditemui, tuntutan dosen yang terlalu detail meski itu terbaik untuk anda, kesulitan dalam menemukan sumber buku dll. Jangan tinggalkan ibadah anda, selalu berusaha berdoa dan bersabar untuk menemukan jalan terbaik anda untuk lulus kuliah nantinya.

Ketika sidang skripsi

7. Pahami isi skripsi yang telah anda susun

Sebagus apapun anda dalam menyusun skripsi bahasa Inggris, namun jika tidak diimbangi pemahaman yang baik maka akan membuat anda mendapatkan kesulitan dalam presentasi skripsi nantinya.

Bahkan dosen penguji bisa curiga bahwa skripsi tersebut bukan hasil karya anda entah hasil plagiat maupun mempresentasikan skripsi orang lain. Pemahaman yang bagus akan skripsi yang telah anda susun merupakan kunci kesuksesan anda melalui prosesi sidang ini.

Untuk membantu pemahaman anda tentang isi skripsi anda bisa membuat catatan kecil yang berisi pokok fikiran. Sehingga anda tidak perlu membacanya secara keseluruhan atau merangkum skripsi anda yang tebal.

8. Persiapaan diluar teknis

Selain ditunjang oleh skripsi yang berkualitas, pemahaman isi dll, maka factor diluar teknis ini juga anda butuhkan untuk memperkuat stamina anda, menghilangkan rasa gugup dan membuat anda sukses menjalani sidang.

Hal ini mungkin terlihat simple namun sangat berpotensi membuat anda lulus sidang dengan baik hal ini seperti tidak lupa makan sebelum menjalani sidang, menyiapkan mental dengan berdoa dan support dari keluarga dan kawan.

Segala aspek sangat mendukung kesuksesan anda dalam menyusun skripsi bahasa Inggris, sehingga anda diharuskan cermat dengan hal sekecil apapun.

One thought on “8 Tips Jitu Penulisan Skripsi Bahasa Inggris dari Persiapan Sampai Sidang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.