Ukuran Amplop | Informasi Penting Bagi Kamu yang Hobi Surat Menyurat

Menurut Wikipedia, amplop adalah sebuah bungkus dari surat atau benda yang dikirimkan melalui pos. Ukuran amplop biasanya ditentukan dari ukuran potongan kertas yang berbentuk belah ketupat lalu dilipat sedemikian rupa.

Dalam kehidupan sehari-hari kita seringkali menggunakan amplop. Misalnya saat melamar kerja, berkas yang perlu dikirimkan biasanya dibungkus dengan sebuah amplop.

Adapula saat kita mengirim surat izin tidak hadir sekolah, tentu kita perlu menggunakan amplop. Atau saat menghadiri resepsi pernikahan rekan bisnis, biasanya diperlukan amplop untuk membungkus uang.

Jenis-Jenis Amplop yang Biasa Dipakai

printlagi.id

o Amplop resmi

Amplop resmi biasa digunakan untuk hal-hal resmi, misalnya amplop pembungkus surat yang akan dikirimkan ke kantor tempat kerja.

o Amplo bisnis

Amplop jenis ini memiliki ciri khusus berupa bagian kopnya terdapat logo atau nama perusahaan yang menggunakan amplop tersebut. Amplop jenis ini biasa digunakan untuk mengirim surat kepada rekan bisnis.

o Amplop kartu

Amplop ini bukan merupakan amplop resmi. Biasanya amplop kartu digunakan untuk membungkus kartu ucapan. Ukuran dan warnanya beragam.

Contoh kartu ucapan yang menggunakan amplop jenis ini adalah kartu ucapan ulang tahun. Kartu yang dibungkus amplop jenis ini biasanya diperuntukkan bagi teman sebaya ataupun kerabat.

o Amplop pendek

id.aliexpress.com

Amplop pendek merupakan amplop yang sangat sering ditemui di pasaran. Amplop dengan ukuran yang cukup kecil ini biasanya digunakan untuk mengirim dokumen kecil sesuai ukuran amplopnya, seperti surat izin tidak masuk sekolah.

Biasanya juga amplop ini digunakan untuk membungkus uang yang akan dibawa ke resepsi pernikahan atau semacamnya.

o Amplop panjang

Amplop panjang memiliki tampilan yang mirip dengan amplop pendek. Namun ukuran amplop panjang tentu lebih panjang dari amplop pendek.

Biasanya amplop ini digunakan untuk membungkus surat yang tidak terlalu resmi atau juga bisa digunakan untuk membungkus uang layaknya amplop pendek.

o Amplop Besar

Amplop besar memiliki ukuran kisaran kertas F4. Biasanya amplop ini digunakan untuk membungkus dokumen atau berkas-berkas yang ukurannya cukup besar.

Saat melamar kerja biasanya pelamar mengirimkan berkas cetak dengan pembungkus amplop besar ini. Umumnya warna amplop besar yang mudah ditemui adalah cokelat.

Macam-Macam Ukuran Amplop

Amplop-amplop yang berbeda jenisnya memiliki ukuran yang berbeda-beda pula. Berikut beberapa ukuran amplop yang bisa anda jadikan acuan saat ingin membeli amplop:

• Amplop C7

tokopedia.com

Amplop C7 memiliki berukuran 81 x 114 mm atau 3,2 x 4,5 inchi. Amplop jenis ini dapat menyimpan kertas ukuran A7 ataupun kertas ukuran A6 yang telah dilipat sebanyak satu kali.

• Amplop C7/C6

tokopedia.com

Amplop ini memiliki berukuran 81 x 162 mm atau 3,19 x 6,4 inchi. Kertas yang dapat dimasukkan ke dalam amplop ini adalah kertas yang memiliki ukuran 1/3 kertas A5.

• Amplop C6

shopee.co.id

Amplop ini berukuran 114 x 162 mm atau 4,5 x 6,4 inchi. Kertas A6 ataupun kertas A4 yang dilipat dua kali dapat masuk ke dalam amplop C6.

• Amplop C6/ C5

indonesian.alibaba.com

Amplop C6/ C5 berukuran 114 x 229 mm atau 4,5 x 9 inchi. Ukuran kertas yang dapat dimasukkan ke dalam amplop ini adalah 1/3 kertas A4.

• Amplop C5

id.aliexpress.com

Amplop C5 berukuran 162 x 229 mm atau 6,4 x 9 inchi. Kertas yang sesuai untuk amplop C5 adalah kertas A5. Bisa pula kertas A4 masuk ke dalamnya tetapi perlu dilipat sebanyak satu kali.

• Amplop C4

Amplop C4 berukuran 229 x 324 mm atau 9 x 12,8 inchi. Amplop ini sesuai untuk kertas A4.

• Amplop C3

brosurkilat.com

Amplop C3 berukuran 324 x 458 mm atau 12,8 x 18 inchi. Kertas A3 sesuai untuk amplop C3.

• Amplop B6

Amplop B6 memiliki ukuran 125 x 176 mm atau 4,9 x 6,9 inchi. Kertas C6 cocok untuk amplop B6 ini.

• Amplop B5

kabarberita.id

Amplop ini berukuran 176 x 250 mm atau 6,9 x 9,8 inchi. Kertas C5 sesuai untuk amplop B5 ini.

• Amplop B4

Amplop ini berukuran 250 x 353 mm atau 9,8 x 13,9 inchi. Kertas C4 merupakan kertas dengan ukuran yang cocok dengan amplop B4.

• Amplop E4

Amplop ini memiliki ukuran 280 x 400 mm atau 11 x 15,75 inchi. Kertas B4 merupakan kertas dengan ukuran yang sesuai dengan amplop E4 ini.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.