Detail Standar Ukuran Baju S, M, L, XL | Tips Memilih Saat Belanja Online Shop

Definisi baju menurut KBBI adalah pakaian penutup badan bagian atas (banyak ragam dan namanya). Baju merupakan salah satu kebutuhan primer yang sangat penting. Manusia tidak mungkin dapat beraktivitas dengan bebas tanpa mengenakan baju dalam jangka waktu yang panjang.

Secara mendasar, fungsi baju adalah pelindung tubuh pemakainya. Namun seiring berjalannya waktu, fungsi baju semakin bertambah, alias tidak hanya sebagai pelindung tubuh pemakainya.

Dalam bidang pekerjaan, baju berfungsi sebagai seragam yang wajib digunakan sebagai pelengkap. Tidak hanya itu, banyak sekali desainer – perancang – pakaian menjadikan baju sebagai bagian dari fashion yang memiliki keunikan dan daya tarik untuk dipamerkan.

Karena fungsinya yang penting, orang benar – benar mengedepankan kesempatan membeli baju. Mulai dari baju sehari – hari, baju tidur,baju berpesta, dan macam – macam baju lain yang digunakan sesuai kebutuhan.


Hal – Hal yang Diperhatikan Sebelum Membeli Baju


Sebelum membeli baju, hendaknya perhatikanlah beberapa hal berikut:

1. Membeli baju sesuai kebutuhan

Hendaknya keinginan membeli baju muncul saat merasa membutuhkan baju tersebut. Hindari membeli baju yang tidak diperlukan hanya karena sedang trend. Hal ini akan menimbulkan perilaku boros.

2. Membeli baju sesuai dengan selera

Saat memilih baju yang ingin dibeli selain menyesuaikan dengan kebutuhan, perlu pula menyesuaikan selera. Jangan justru membeli suatu baju hanya karena sedang ‘Musimnya’.

Akibat jika membeli baju tidak sesuai selera adalah rasa tidak nyaman atau tidak senang bagi pemakai saat mengenakannya.

3. Perhatikan harga

Sebelum membeli sesuatu tentulah perlu memerhatikan jumlah uang yang harus dibayarkan untuk memiliki sesuatu tu. Begitupula dengan perkara membeli baju.

Pastikan harga baju yang akan dibeli tidak melebihi kemampuan finansial Anda. Jangan pula memaksakan membeli sebuah baju mahal hanya untuk gengsi sampai harus meminjam uang dalam jumlah besar ke orang lain.

4. Perhatikan ukuran baju

Ini adalah hal yang sangat harus diperhatikan. Ukuran baju merupakan suatu unsure yang sangat penting untuk diperhatikan.

Tentulah Anda tidak merasa nyaman jika mengenakan baju dengan ukuran yang lebih kecil dari ukuran yang semestinya Anda kenakan.

Akan terasa sedikit aneh pula jika kita mengenakan suatu pakaian yang terlampau besar di hadapan orang – orang (walaupun sekarang sedang trend baju oversized).

Maka dari itu, sebelum membeli baju, hendaklah perhatikan ukuran yang Anda butuhkan. Biasanya ukuran baju tertera di balik kerah baju. Ukuran tersebut umumnya berupa sebuah huruf yang mewakili ukuran tertentu.


Tips Memilih Ukuran Baju Ketika Belanja Online Shop


Tidak sedikit orang kecewa karena baju yang dibeli kekecilan atau kebesaran. Maka dari itu di sini akan berbagi mengenai beberapa tips memilih size/ukuran baju yang sesuai di online shop.

1. Tahu Ukuran Baju Diri Sendiri

Hal yang utama adalah anda harus tahu dengan pasti ukuran baju sendiri. Apakah S ,M ,L ,XL atau XXL? buat lebih detailnya harus tahu lingkar dada, pinggang, pinggul, paha, lengan. Karena saat beli baju online.

Baju yang kita beli tidak bisa dilihat langsung atau kita coba langsung. Jadi harus tahu dengan detail ukuran kita sendiri. Anda haruslah melihat keterang pada ukuran.

Pastikan lingkar dada dan panjang baju telah sesuai dengan ukuran tubuh anda. Jika tidak ada keterangannya maka anda harus menanyakannya pada pihak penjual.

2. Memiliki Keterangan Size

Apabila hendak membeli baju pastikan baju yang dijual harus memiliki keterangan size yang lengkap. Jangan berani beli kalau tidak ada keterangan size sama sekali.

3. Jika tidak Pas, Jangan dipaksakan Membeli

Jangan dipaksakan untuk membeli, jika ukurannya tidak pas dengan ukuran kita. Ukuran baju yg ingin di beli harus pas dengan ukuran kita.

4. Pastikan Baju Bagus Saat dipakai

Jangan membeli baju yang masih dalam keadaan dilipat atau tidak diperagakan/dipakai oleh model sama sekali. Pastikan baju itu bagus untuk dipakai atau tidak.

5. Baju Diperagakan Oleh Model yang Badannya Sama dengan Kita

Baju yang dijual harus di peragakan oleh model yang badannya sesuai dengan ukuran tubuh kita. Agar tahu apakah baju tersebut cocok atau tidak dengan kita.

6. Lihat Video yang Menampilkan Baju

Jika ada video yang menampakkan contoh pakaian dijual maka akan lebih bagus karena anda bisa melihat langsung bahannya.

7. Jangan Tergoda dengan Promo

Ketika anda berbelanja online maka anda seringkali akan diberikan diskon perbelanjaan dengan syarat tertentu. Jika anda tidak menemukan ukuran yang pas untuk tubuh anda janganlah memaksa membelinya karena promi ataupun karena harganya murah.

8. Belanja di Toko Online Terpercaya

Belanjalah di toko online yang sudah terpercaya dan memiliki berbagai review yang bagus. Sebelum membeli pastikan anda telah membaca review produk yang diberikan oleh para pembeli lain. Hal tersebut bisa membantu anda untuk mempertimbangkan pakaian yang akan anda beli.


Keterangan Ukuran Baju


1. Ukuran S

Jika melihat sebuah baju dengan ukuran ‘S’, biasanya baju tersebut cenderung terlihat lebih kecil jika dibandingkan dengan baju ukuran lain yang memiliki tipe sama dengan baju tersebut.

Huruf ‘S’ sendiri pada baju merupakan simbol dari kata ‘Small’ yang daam bahasa Indonesia berarti ‘Kecil’. Maka dari itu, tidak heran jika baju berukuran ‘S’ cenderung terlihat lebih kecil.

2. Ukuran M

Lain lagi dengan ukuran ‘S’, baju berukuran ‘M’ cenderung lebih sedikit longgar. Huruf ‘M’ sendiri mewakili kata ‘Medium’ yang berarti ‘Sedang’. Berarti baju dengan ukuran ‘M’ memiliki ukuran yang sedang.

3. Ukuran L

Baju dengan ukuran ‘L’ cenderung terlihat lebih besar dari baju berukuran ‘M’. huruf ‘L’ di baju mewakili kata ‘Large’ yang berarti ‘Besar’. Bisa dibilang baju berukuran ‘L’ berarti memiliki ukuran yang cukup besar.

4. Ukuran XL

Bagi penggemar pakaian jumbo, ukuran ‘XL’ sudah tidak asing lagi. ‘XL’ pada ukuran baju berarti ‘Extra Large’ yang artinya ‘Sangat besar’. Baju dengan ukuran ‘XL’ berarti memiliki ukuran yang bisa dibilang sangat besar pada suatu tipe pakaian.


Detail Standar Ukuran Baju


Ukuran Baju Atasan

Image Source: freetls.fastly.net
Image Source: freetls.fastly.net
Image Source: freetls.fastly.net
Image Source: freetls.fastly.net
Image Source: freetls.fastly.net
Image Source: freetls.fastly.net

Ukuran Baju Bawahan

Image Source: freetls.fastly.net
Image Source: freetls.fastly.net
Image Source: freetls.fastly.net
Image Source: freetls.fastly.net
Image Source: freetls.fastly.net
Image Source: freetls.fastly.net

Setelah mengetahui beberapa hal penting di atas, diharapkan pembaca menjadi pribadi yang lebih bijak dalam membeli sesuatu terutama baju.

Jadi, saat hendak membeli sesuatu hendaknya dipikirkan dengan baik agar tidak keliru dan meresa kecewa pada diri sendiri.

1 thought on “Detail Standar Ukuran Baju S, M, L, XL | Tips Memilih Saat Belanja Online Shop”

  1. keren-keren bang bajunya, kalo boleh kasih saran nih sertakan alamatnya dan kontak hp si penjual dong hehe

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.