Ukuran Cincin | Cara Mengukur dan Membeli Cincin yang Pas Bagi Jarimu

Ukuran cincin tidak mutlak dan tidak memiliki standar tertentu, bergantung pada ukuran jari orang yang memesannya. Menilik KBBI, ‘cincin’ memiliki beberapa makna, yaitu:

o Perhiasan berupa lingkaran kecil yang dipakai di jari, ada yang berpermata, ada yang tidak.
o Segala sesuatu yang berbentuk lingkaran (seperti gelang-gelang kecil pada tombak atau mata rantai).

weddbook.com

Dalam kehidupan sehari-hari cincin bukan merupakan suatu benda yang asing. Cincin merupakan salah satu perhiasan yang sangat mudah ditemui. Biasanya cincin dapat dilihat di jari (biasanya jari manis) seseoarang atau di toko perhiasan.

Selain sebagai perhiasan, cincin biasa digunakan oleh seseorang sebagai lambang status, misalnya status telah menikah atau bertunangan. Asal-usul bahan pembuat cincin sangatlah beragam.

Ada cincin yang dibuat dari logam seperti emas, perak, hingga platinum. Kebanyakan cincin pernikahan atau pertunangan dibuat dari logam. Ada pula cincin yang terbuat dari plastik, biasanya cincin plastik digunakan sebagai cincin mainan anak-anak.

Tips dalam Memilih Jenis Cincin

shopee.co.id

Bagi anda yang ingin membeli cincin, hendaknya terlebih dahulu perhatikan beberapa hal seperti bahan, harga, hingga size yang sesuai untuk anda.

Beberapa orang memiliki alergi terhadap bahan perhiasan tertentu, maka penting sekali memilih bahan yang tidak menimbulkan alergi bagi pemakainya. Selain itu, perlu sekali memperhatikan harga cincin yang ingin dibeli. Tentu anda harus menyesuaikan cincin pilihan dengan jumlah uang di saku Anda.

Mengenai ukuran, tentu saja penting sekali untuk mengetahui ukuran cincin yang pas bagi jari anda sebelum membeli cincin. Bayangkan jika cincin yang anda beli ternyata memiliki ukuran yang terlalu kecil. Tentu anda tidak akan nyaman memakai cincin yang sempit di jari.

Bayangkan pula jika cincin yang anda beli ternyata terlalu besar. Pastilah cincin tersebut akan menimbulkan perasaan tidak nyaman bagi pemakainya. Tidak menutup kemungkinan kalau cincin yang terlalu besar tersebut dapat lebih mudah hilang tanpa disadari oleh pemiliknya.

Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui ukuran cincin yang pas bagi anda sebelum membeli dan memakainya.

Cara Mengetahui Ukuran Cincin

Berikut ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengetahui ukuran cincin yang pas untuk jari anda:

• Datang langsung ke toko perhiasan dan minta diukurkan

alibaba.com

Cara ini bisa dibilang sebagai cara yang paling sederhana dan akurat untuk menentukan ukuran cincin yang pas di jari anda.

Pemilik toko perhiasan biasanya menggunakan alat bernama ring gauge atau finger sizer untuk menentukan size cincin yang cocok untuk disematkan di jari Anda.

• Ukur sendiri menggunakan kertas

165weddingexpo.com

Dengan kertas, penggaris, dan seseorang untuk membantu pengukuran, anda dapat mengetahui ukuran cincin yang pas dengan cara:

1. Potong selembar kertas menjadi berukuran 7 x 100 mm. Setelah itu, lingkarkan kertas tersebut pada dasar jari yang ingin diukur ukuran cincinnya. Bila jari anda memiliki buku jari ekstra, kertas dilingkarkan di bawah buku jari.

2. Minta seseorang menarik kedua ujung kertas dan mengikat jari Anda dengan kertas tersebut. Namun ikatan tersebut jangan sampai terlalu ketat.

3. Dengan menggunakan pulpen, gambarlah garis lurus sepanjang kertas yang diikatkan tadi.

4. Lepas kertas dan ukurlah jarak antara dua garis di kertas dengan menggunakan penggaris dalam satuan millimeter (mm). Pastikan melakukan pengukuran yang tepat tanpa dikurangi atau dilebihi.

5. Setelah mengtahui ukuran tersebut, anda dapat langsung mengirimkan hasil pengukuran kepada pemilik toko perhiasan atau menentukan lebih dulu ukuran cincin dengan tabel circumference.

• Mengukur menggunakan cincin yang sudah ada

radelle.com

Salah satu cara yang cukup mudah untuk mengukur ukuran cincin adalah dengan menggunakan cincin yang sudah ada dan sudah diketahui ukurannya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.