Pernah Memperhatikan Tidak Ukuran Foto Instagram yang Kamu Unggah?

Media sosial hampir sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Kebutuhan tersebut dapat berupa kebutuhan bisnis dengan media sosial sebagai alat promosi. Salah satunya yaitu melalui instagaram, dengan mengupload berbagai ukuran foto instagram menarik di feed kamu.

Selain itu media sosial juga dapat dijadikan sebagai ‘lahan’ berbagi momen dengan pengguna media social lainnya. Kebutuhan media sosial juga dapat berupa sebagai alat pengekspresi diri.

Instagram merupakan salah satu media sosial dengan jumlah pengguna yang sangat banyak. Fitur-fitur keren yang melengkapi instagram merupakan salah satu daya tarik yang menjadikan instagram banyak digunakan.

Seperti media sosial lainnya, instagram dapat dijadikan sebagai lahan bisnis. Banyak sekali pengguna yang memutuskan untuk membuat akun online shop di instagram.

Untuk menunjang bisnisnya tersebut, biasanya pemilik online shop melakukan promosi dengan berbagai cara, misalnya dengan jasa endorse yang ditawarkan oleh selebgram-pengguna instagram yang cukup dikenal dan memiliki banyak followers.

Kegunaan Instagram sebagai Media Promosi

mnews.co.id

Ada pula pengguna instagram yang menggunakan instagram sebagai sarana promosi suatu acara. Seperti acara kampus yang dipromosikan dengan postingan-postingan menarik.

Di aplikasi instagram, pengguna dapat mengunggah foto dan video. Jenis video yang dapat diunggah juga beragam, seperti video boomerang. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan siaran langsung atau ‘live’.

Pada setiap postingan, pengguna dapat saling memberikan ‘love’ atau pun komentar. Selain itu, pengguna juga dapat berkirim pesan secara private dengan fitur direct message (DM).

Ada pula fitur insta story yang banyak sekali digunakan untuk membagikan suatu momen. Masih banyak lagi fitur yang dapat digunakan di instagram.

Ukuran Foto Instagram dan Postingan Lainnya

tipandroid.com

• Ukuran foto profil

Foto profil instagram umunya terlihat kecil. Ukuran yang dipakai biasanya adalah 110 x 110 px.

• Ukuran posting foto

Para pengguna instagram biasanya suka membagikan momen tak terlupakannya berupa foto di akun instagram masing-masing.

Namun agar foto yang diunggah sesuai dengan ukuran tampilan instagram pada umumnya, serta agar tidak ada bagian foto yang terpotong, maka perlu diketahui ukuran yang sering digunakan untuk foto instagram.

Biasanya untuk mendapat foto yang jelas saat diunggah, ukuran foto adalah sekitar 640 x 640 px (ingat bahwa foto yang ditampilkan di instagram cenderung berbentuk persegi). Format foto umumnya adalah JPG.

• Ukuran posting video

Pengguna yang memiliki momen tak terlupakan dalam bentuk videonya biasanya ingin membagikan momen tersebut di instagram. Ukuran tampilan video juga biasanya sama dengan ukuran posting foto, sekitar 640 x 640 px.

• Ukuran posting insta story

tekno.kompas.com

Insta story merupakan fitur posting yang akan bertahan selama 24 jam. Setelah 24 jam postingan tersebut akan hilang dengan sendirinya. Insta story dapat berupa foto maupun video pendek.

Pada fitur insta story juga disediakan fitur tambahan berupa GIF, template, stiker, dan lain sebagainya. Ukuran ideal untuk insta story pada umumnya adalah 1080 x 1920 px atau biasa disebut rasionya 9 : 16.

Jadi, bagi anda yang ingin membagikan postingan berupa foto, video, dan lain sebagainya di instagram hendaknya memperhatikan ukuran yang pas agar postingan yang dihasilkan memiliki kualitas tampilan yang baik.

Perlu diingat juga postingan di media sosial dapat dilihat oleh masyarakat luas. Jadi, pengguna harus berhati-hati dalam memposting sesuatu.

Jangan sampai postingan yang diunggah justru menimbulkan keributan bahkan kerugian. Baik kerugian bagi orang yang memposting atau bagi orang lain. Perlu sekali berpikir akan dampak dari postingan sebelum diunggah. Mari bersikap bijak dalam menggunakan media sosial!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.