Mengulik Potensi Wisata Alam Jogja di 4 Kabupaten Provinsi Teristimewa

Jogja kota istimewa dengan sejuta cerita. Tiap sudutnya terasa romantis, meskipun duduk santai di kaki lima hanya beralaskan tikar seadanya. Ibarat lagu “pulang ke kotamu, ada setangkup haru dalam rindu”. Kota ini memang benar-benar istimewa guys.

Olrait, cukup bernostalsgia tentang sudut-sudut romantis kota Jogja. Satu-satunya Daerah Istimewa di Indonesia ini juga menyimpan pesona-pesona wisata alam yang tak kalah romantisnya. Sebut saja wisata pantai pasir putih di Gunung Kidul atau romantisnya menyaksikan kabut alam dari kaki Gunung Merapi.

Potensi Wisata Alam di Kota Teristimewa

Wisata alam Jogja sudah terbukti sangat mempesona dan menyihir mata. Jika sebelumnya ke Jogja kamu hanya bermain di areal sekitar kota, kali ini coba datangi daerah-daerah kabupaten Sleman, Bantul, Kulon Progo dan Gunung Kidul.

Wah kamu pasti akan berdecak kagum dengan keindahan wisata alam Jogja yang ada di empat Kabupaten tersebut. Ada apa saja, mari kita ulas satu-persatu dab!

1. Hutan-Hutan Pinus di Bantul

tripilarwisata.com

Pasti sudah tidak asing dong dengan yang namanya Hutan Pinus Mangunan, Puncak Becici, dan Puncak Pengger. Hutan-hutan pinus ini menyimpan sejuta keindahan yang tak terkalahkan. Memiliki aura damai dan keindahannya tesendiri.

Di kebun buah Mangunan kamu dapat merasakan lembutnya belaian embun pagi dan epic nya pemandangan awan dan kabut tebal yang menyelimuti perbukitan. Serasa berada dalam dongeng negeri di atas awan gengs. Hal ini dipercantik dengan kehadiran matahari terbit dari ufuk timur.

Mantap sangat! Jangan lupa sekalian berkeliling ke hutan pinus lainnya karena masing-masing hutan menawarkan keindahan yang berbeda. Jika malam hari kamu dapat berkunjung ke Puncak Pengger untuk menikmati indahnya kerlap-kerlip lampu kota dari ketinggian.

2. Lava Tour Merapi di Sleman

maioloo.com

Nah wisata petualangan yang ke-2 adalah lava tour Merapi. Menikmati keindahan kaki Gunung Merapi menggunakan jeep willys buatan Amerika yang akan membawamu berkeliling.

Tidak hanya berkeliling, kamu juga akan diajak mengunjungi beberapa tempat yang unik dan menarik, bakan kamu juga bisa mengunjungi makam Mbah Marijan.Ada beberapa pilihan rute lava tour, dimulai dari parkiran Tlogo Putri, Kalikuning, hingga ke bunker Kaliadem.

Akan banyak tempat dan objek yang dapat kamu nikmati, seperti menyusuri perkampungan yang sudah ancur akibat dasyatnya erupsi Merapi di 2010 lalu, melihat lautan pasir, dan menikmati kegagahan merapi yang berdiri tegak.

Keseruan lain saat lava tour adalah kamu akan diajak melewati berbagai macam medan jalan, mulai dari jalan aspal, jalan berpasir, hingga jalan berbatu-batu yang tentunya dengan kondisi berkelok dan curam bahkan kamu akan diajak menyebrangi sungai . Ini akan menambah keseruan kamu berpetualang bersama keluarga dan teman teman.

Tentunya wisata seru ini bukan hanya membuatmu fresh dan senang setelah berpetualang, tapi juga membuatmu merasakan betapa Agung dan Maha Besar Kuasa Sang Pencipta.

3. Menikmati Keeksotisan Berbagai Air Terjun di Kulonprogo

eksotisjogja.com

Di Kabupaten Kulon Progo terdapat banyak hidden paradise. Beberapa di antaranya Grojogan Sewu, Perawan Sidoharjo, Kedung Petut, Setawing, Taman Sungai Mudal, Pulosari, dan Kedung Bendo.

Ketujuh lokasi tersebut merupakan nama-nama air terjun yang terdapat di Kulon Progo. Itu hanya seberapa, terdapat sekitar 25 air terjun di kawasan yang banyak hutan mangrove nya ini.

Tidak cukup waktu sehari untuk mengunjungi semua destinasi tersebut. Yang mengesankan saat melancong ke Kulon Progo adalah pemandangan sawah terasering yang menawan dapat kamu nikmati di sepanjang perjalanan.

Selain itu, banyak terdapat perbukitan yang jika pada musim hujan akan berkabut. Menambah suasana romantis di dan syahdu lingkungan sekelilingnya.

Selain air terjun, kamu juga dapat menyambangi pantai-pantai indah di Kulon Progo. Atau berkunjung ke Kalibiru yang katanya sudah terkenal ke seluruh pelosok nusantara.

4. Wisata Alam di Gunung Kidul

Image Source: yogya-backpacker.com

Satu kabupaten lagi belum kita bahas yaitu Gunung Kidul, yang dikenal dengan pantai-pantai indahnya mulai dari Indrayanti, Siung, Wedi Ombo, hingga Pantai Timang.

Dibawah ini ada beberapa rekomendasi wisata alam Jogja yang ada di Kabupaten Gunung Kidul.

  • Wisata Goa

Jogja menyajikan keindahan alamnya dalam bentuk goa-goa yang wajib Anda telusuri. Mulai dari Goa Pindul, Goa Jomblang, Kali Suci, Rancang Kencono, Seropan, Gelatik, dan Braholo.

Banyak yang sudah mengeksplorasi keindahan goa-goa yang menantang ini, Anda pun pasti pernah menyaksikannya di televisi.

Jadi, saat datang ke Jogja Anda harus merasakannya sendiri. Bagaimana serunya masuk goa tersebut dan menemukan keindahan di dalamnya.

  • Wisata Pantai

Wisata pantai juga menjadi salah satu andalan wisata alam Jogja yang akan membuat Anda kagum. Apalagi untuk pantai-pantai yang sebelumnya tidak pernah terekspos dan suasana alaminya masih sangat terasa.

Pantai yang sepi dan bersih, cocok untuk Anda yang ingin mencari ketenangan. Tantang keberanian Anda menyebrangi lautan dengan ombak besarnya melalui kereta gantung di Pantai Timang.

Nikmati keindahan pantai dari cottage atau restoran di tepi Pantai Indrayanti yang populer tersebut.

  • Wisata Air Terjun

Terakhir, salah satu wisata alam yang jogja tawarkan adalah wisata air terjunnya. Ada air terjun Sri Gethuk, air terjun Jogan, dan air terjun Grojogan Banyu Tibo.

But, tak akan cukup satu rubrik saja untuk mengulik keseluruhan destinasi wisata alam Jogja. Karena terlalu istimewa jika hanya dibahas secara singkat saja. See you in the next chapter!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.