7 Lokasi Wisata Banyuwangi yang Menjadi Incaran Turis Mancanegara

Banyuwangi acapkali menjadi destinasi yang terlewatkan oleh banyak wisatawan. Kebanyakan wisatawan memiliki tujuan utama ke Bali dan hanya memilih singgah sebentar di Banyuwangi. Begitu pula bagi masyarakat Pulau Jawa sendiri, lebih memilih melancong ke arah Jawa bagian barat seperti Jogja.

Wisata Banyuwangi

Letak Banyuwangi yang berada di ujung timur Pulau Jawa ini membuat orang jarang menginjakkan kaki di kota ini.
Padahal ada banyak destinasi wisata Banyuwangi yang tak kalah eksotisnya jika dibandingkan dengan Pulau Dewata maupun kota-kota wisata favorit lainnya.

Ada destinasi apa saja sih yang ditawarkan oleh Banywangi? Mari disimak!

1. Taman Nasional Baluran

travel.tribunnews.com

Destinasi wisata Banyuwangi yang satu ini sudah menjadi incaran turis mancanegara juga loh. Di Taman Nasional Baluran kamu dapat lebih mengenal berbagai jenis flora dan fauna yang sudah hampir langka.

Taman ini ini juga dikenal dengan ikon ‘lonely tree’ nya yang sering dijadikan sebagai latar untuk berfoto oleh wisatawan. Ibarat bentangan padang savana yang ada di luar negeri sana, keindahan taman nasional ini memang tak ada duanya.

2. Kawah Ijen

travel.kompas.com

Destinasi wisata andalan Banyuwangi ini memang sangat eksotis dan menggoda. Bagaimana tidak, keindahan dan pesona dari blue fire yang memancar dari kawah ini akan membuatmu tertegun dan menyadari betapa besarnya kuasa Sang Pencipta.

Keindahan blue fire ini hanya dapat kamu saksikan di Banyuwangi dan satu lagi di Islandia. Namun, saat melakukan pendakian ke kawah ini kamu harus berhati-hati karena jarak yang ditempuh cukup terjal dan berliku.

3. Pantai Teluk Ijo

nativeindonesia.com

Selain pasirnya yang putih, di pantai ini kamu dapat menikmati keindahan pohon yang berjejer di sepanjang teluk. Selain itu terdapat pula kawanan monyet yang lucu yang mendiami pepohonan tersebut.

Karena keberadaan pantainya yang menjorok ke darat, ombak di pantai ini tidak terlalu tinggi sehinga aman untuk berenang. Meski kecil dan mungil namun pantai ini sangat worth it untuk dikunjungi.

4. Pulau Merah

krjogja.com

Seperti Pantai Pink yang dimiliki Lombok, Banyuwangi memiliki sebuah bukit yang tanahnya berwarna merah. Bukit ini terletak persis di pinggir bibir pantai.

Sebuah nuansa nan eksotik akan kamu rasakan setibanya di pantai yang membentang jauh sepanjang 3 kilometer ini. Jika ombaknya sedang bagus, kamu bisa dengan puas berselancar sembari menikmati sunset yang indah dari Pulau Merah ini.

5. Jawatan Benculuk

dakatour.com

Area bekas resapan air dan penimbunan kayu jati ini dihiasi oleh keberadaan pohon-pohon trembesi yang rindang dan eksotis. Pohon-pohon yang menjulang tinggi ini memberikan kesan seolah-olah kamu sedang berada di luar negeri.

Golden time untuk berfoto adalah sore hari saat matahari mulai merendah dan menerobos masuk melalui celah-celah pohon. Ada daya magis tersendiri dari pohon-pohon tersebut yang membuat kamu betah berlama-lama disana.

6. Teluk Hijau dan Air Terjun Bidadari

banyuwangibagus.com

Di teluk ini kamu bisa snorkeling dengan bebas dan aman. Air telur yang berwarna hijau menandakan keberadaaan alga yang banyak yang dipantulkan oleh cahaya matahari. Di dekat teluk ini kamu juga bisa mengunjungi air terjun bidadari yang terletak berdekatan dengan kawasan pantai

7. Lori Wisata Kalibaru

banyuwangibagus.com

Di lokasi wisata ini kamu dapat menikmati keindahan perkebunan kopi setinggi 400 meter dan pegunungan menggunakan kereta api alias lori. Tak hanya itu kamu juga akan belajar tentang sejarah perkeretaapian sambil jalan-jalan menaiki lori.

Sebenarnya masih banyak sekali wisata eksotis Banyuwangi lainnya yang ingin kami jabarkan satu per satu. Namun, untuk sekarang cukup segitu dulu ya. Semoga setelah membaca tulisan ini kamu menjadi tertarik untuk melancong ke Banyuwangi.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.