5 Wisata Cirebon yang Kaya akan Situs Peradaban Sejarah dan Budaya

Cirebon merupakan salah satu kota yang kaya akan situs budaya di Jawa Barat. Jika kamu pecinta situs-situs budaya lama atau senang mengulik cerita tentang peradaban sejarah, wisata Cirebon adalah tema yang tepat untuk mengisi liburan kamu.

Daya tarik situs budaya di Cirebon tak kalah seru seperti kota-kota yang kaya akan jejak sejarah lainnya. Layaknya Jogja, Cirebon juga memiliki keraton sendiri. Bedanya keraton di Cirebon kini telah menjadi peninggalan sejarah dan tak lagi digunakan sebagai tempat kediaman kesultanan.

Wisata Cirebon

Berwisata sambil menggali tentang sejarah peradaban di suatu kota tentu suatu hal yang menyenangkan. Sambil menambah wawasanmu mengenasi perjuangan bangsa ini, kamu juga dapat menikmati keindahan gedung-gedung lama dengan arsitektur yang unik. Berikut rekomendasi tempat wisata budaya di Cirebon.

1. Goa Sunyaragi

tripadvisor.co.uk

Belakangan ini Goa Sunyaragi sedang menjadi trend dan landmark tempat wisata di Cirebon. Candi yang merupakan situs penginggalan sejarah ini dulun konon katanya digunakan sebagai tempat beristirahat dan meditasi para Sultan di Cirebon.

Semenjak dilakukan pemugaran, lokasi yang sempat sepi pengunjung ini kini telah ramai kembali. Beberapa spot menarik untuk berfoto menjadi alasan orang berkunjung ke Goa Sunyaragi.

Selain itu pertunjukkan seni kebudayaan yang diadakan rutin setiap minggunya menarik minat banyak wisatawan untuk berkunjung.

2. Keraton Kasepuhan

kebudayaan.kemdikbud.go.id

Lokasi bersejarah kedua ini juga menjadi landmark wisata budaya di Kota Cirebon. Dimana setiap sentuhan arsitektur yang ada di bangunan keraton ini memiliki cerita dan filosofinya tersendiri.

Keraton Kasepuhan merupakan keraton kesultanan pertama di Cirebon. Dibangun pada tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II. Banyak cerita sejarah dari setiap benda-benda pusaka peninggalan sultan di gedung keraton ini.

Satu hal yang epic dari keraton ini yaitu keberadaan sebuh kereta singa yang dikeluarkan hanya sebulan sekali setiap tanggal 1 Syawal, untuk dimandikan.

3. Keraton Kanoman

kadekarini.com

Keraton Kanoman didirikan pada tahun 1678 dengan gaya arsitektur perpaduan khas Jawa dan Tiongkok. Keraton ini merupakan saksi bisu sejarah perkembangan kerajaan Isalam di Indonesia.

Walaupun sudah beberapa kali mengalami pemugaran, Keraton Kanoman tetap memiliki daya tarik mulai dari dekorasi khas lama serta benda peninggalan sejarah seperti kereta kencana Paksi Naga Liman yang legendaris, lukisan, kerajinan keramik, dan benda-bedan pusaka lainnya.

Benda-bedan pusaka peninggalan sultan tersebut dicuci selama 40 hari tiap bulan Maulid. Hal ini dikenal dengan sebutan Ritual Panjang Jimat. Salah satu prosesi bersejarah yang selalu dinanti-nantikan oleh warga Cirebon dan wisatawan lain setiap tahunnya.

4. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

1001indonesia.net

Sering juga disebut sebagai Masjid Kasepuhan, masjid ini merupakan masjid pertama dan tertua di Kota Cirebon.
Satu hal yang unik dari masjid ini yaitu adanya ritual adzan pintu. Merupakan prosesi mengumandangkan adzan bersama yang dilakukan oleh tujuh orang muadzin pada setiap shalat Jum’at.

Bangunan masjid ini memiliki pintu yang sangat unik, yakni berukuran sangat rendah. Untuk masuk ke dalam masjid ini orang dewasa perlu menundukkan kepalanya.

Konon katanya pembangunan Masjid Kasepuhan ini secara langsung dirancang oleh Sunan Kalijaga, serta melibatkan ratusan tokoh penting dari Kerajaan Demak, Majapahit, dan Cirebon.

5. Sentra Batik Trusmi

mommiesdaily.com

Destinasi wisata budaya kelima ini berbeda dengan sebelumnya yang berkisah tentang sejarah. Sentra Batik Trusmi merupakan kawasan yang didominasi oleh para pengrajin.

Ternyata tak hanya Jogja, Solo, dan Pekalongan yang mempunyai budaya batik, Cirebon pun memiliki batik dengan ciri khasnya sendri. Batik khas Cirebon terkenal dengan motif mega mendung dengan corak yang cerah tapi lembut.

Bagi kamu yang ingin berburu oleh-oleh, silahkan berkunjung ke kawasan khusus sentra pengrajin batik ini. Disana kamu juga dapat mencoba menggambar motif batik sendiri loh.

Bagaimana, cukup menarik juga ya Kota Cirebon untuk dikunjungi. Terutama terkait situs budaya yang bersejarah. Ternyata Cirebon merupakan salah satu kota penting dalam situs sejarah peradaban Islam di Indonesia.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.