Patut Dicoba | 3 Lokasi Wisata di Jogja ini Ekstrem dan Sangat Menantang

Jogja kota pelajar nan istimewa yang setiap sudutnya katanya romantis. Tapi, tahu tidak kamu kalau wisata di Jogja tidak melulu soal budaya, sejarah dan kuliner.

Jogja juga memiliki destinasi wisata yang ekstrem serta dapat memacu adrenalin kamu. Tentunya cocok sekali buat kamu melepas penat dari hiruk pikuk pekerjaan di kantor.

Wisata di Jogja

Ada banyak pilihan wisata di Jogja yang bisa kamu ikuti, mulai dari menyusuri goa vertikal yang dalam sekali, tour dengan jeep di kaki gunung merapi yang masi aktif, hingga menyebrangi lautan dengan melewati ombak yang ganas.

Pasti seru tentunya. Yuk, ini dia 3 destinasi wisata ekstrem di Jogja yang bisa kamu coba bersama keluarga dan teman-teman kamu:

1. Caving di Goa Jomblang

eksotisjogja.com

Buat kamu yang hobi menyusuri goa wajib mengunjungi lokasi wisata ini. Goa Jomblang terletak di Semanu, Gunung Kidul, cukup terjangkau jaraknya dari Kota Yogyakarta bisa ditempuh dalam waktu 1 sampai 2 jam saja.

Goa ini pada taun 2011 pernah dijadikan sebagai lokasi shooting “Amazing Race America” loh! Bukan hanya itu, yang menarik dari Goa Jomblang ini adalah bentuk goanya yang vertikal.

Dahulu goa ini terbentuk akibat amblesnya permukaan tanah beserta seluruh vegetasinya jutaan tahun lalu ke dasar bumi, sehingga membentuk lubang raksasa yang luasnya kurang lebih 50 meter persegi.

Dengan bentuk goa vertikal seperti itu, pengunjung akan turun ke dalam goa dengan cara single rope technique (SRT), yaitu teknik tali tunggal sejauh kedalaman 40 m sampai 80 m tergantung titik start penurunan.

Tentunya semua dilengkapi dengan peralatan safety lengkap dan dipandu oleh pendamping yang handal, berpengalaman dan tersertifikasi. Bagaimana sangat menarik dan cukup menantang bukan?

2. Lava Tour Merapi

bisniswisata.co.id

Nah, wisata pertualagan yang ke-2 adalah lava tour Merapi. Menikmati keindahan di kaki Gunung Merapi dengan menggunakan jeep willys lawas buatan Amerika yang akan membawamu berkeliling.

Tidak hanya berkeliling, kamu juga akan diajak mengunjungi beberapa tempat yang unik dan menarik, bahkan kamu juga bisa mengunjungi makam serta rumah bekas tinggal Mbah Marijan yang kini diabadikan menjadi museum.

Ada beberapa pilihan rute lava tour, dimulai dari parkiran Tlogo Putri, Kalikuning, hingga ke Bunker Kaliadem. Akan banyak tempat dan objek yang akan kamu lihat, seperti menyusuri perkampungan yang sudah hancur akibat dahsyatnya erupsi Merapi di 2010 lalu, melihat lautan pasir, dan menikmati kegagahan Merapi yang berdiri tegak.

Keseruan lain saat lava tour adalah kamu akan diajak melewati berbagai macam medan jalan, mulai dari jalan aspal, jalan berpasir, hingga jalan berbatu-batu yang tentunya dengan kondisi berkelok dan curam bahkan kamu akan diajak menyebrangi sungai.

Ini akan menambah keseruan kamu berpetualang bersama keluarga dan teman-teman. Tentunya wisata seru ini bukan hanya membuatmu fresh dan senang setelah berpetualang, tapi juga membuatmu merasakan betapa agung dan Maha Besar Kuasa Sang Pencipta.

3. Naik Gondola di Pantai Timang

jogjaland.net

Destinasi wisata petualangan ekstrem yang ke-3 adalah Pantai Timang. Pantai dengan karakteristik karst yang indah ini berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yoyakarta.

Pantai indah ini memiliki keunikan tersendiri dengan keberadaan pulau yang biasa disebut Pulau Timang atau Pulau Panjang oleh masyarakat sekitar. Di Pulau Timang inilah masyarakat nelayan sekitar biasa mencari lobster dan ikan.

Hanya saja pulau ini dipisahkan oleh tebing terjal nan curam dengan ombak yang luar biasa besar dan ganasnya. Untuk dapat menyebrang kesana, masyarakat sekitar membuatkan sebuah gondola kayu yang hanya cukup dinaiki oleh satu orang. Gondala kayu tradisional ini bergerak dengan cara ditarik menggunakan tali oleh lima orang dewasa.

Mulanya gondola ini dipakai oleh masyarakat sekitar sebagai media transportasi menyebrang pulau untuk mencari lobster. Namun, sekarang para wisatawan juga dapat mencobanya, merasakan keganasan ombak pantai selatan menghempas gondola yang melintas. Membayangkannya saja sudah memacu adrenalin apalagi mencoba. Tertarik?

Itulah tiga rekomendasi destinasi wisata di jogja buat kamu yang berjiwa petualang. Semua seru dan menyenangkan bukan? Ayo coba kunjungi satu per satu destinasi wisata tersebut saat kamu berkunjung ke Jogja, kemudian bagikan cerita serunya nanti pada mereka yang belum pernah mencoba.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.