7 Wisata Grobogan untuk Alternatif Pilihan Liburan Sekolah

Wisata Grobogan – Grobogan merupakan nama dari sebuah kelurahan, kecamatan, sekaligus kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Ibukota dari Kabupaten Grobogan sendiri adalah Purwodadi. Grobogan merupakan kabupaten dengan wilayah terluas kedua setelah Cilacap di Jawa Tengah.

Wisata Grobogan

Daerah ini diapit oleh dua pegunungan kapur dan dialiri dua sungai besar, yaitu Kali Lusi dan Kali Serang. Kabupaten Grobogan mempunyai logo dengan jargon The Secret of Java. Jargon tersebut berkaitan dengan wisata Grobogan yang belum terlalu dikenal luas, tapi keindahannya tak perlu diragukan lagi. berikut ini beberapa wisata Grobogan yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung kesana.

1. Bukit Pandang Jatipohon

taligocixyz.blogspot.com

Wisata bukit pandang Jatipohon sudah aja sejak lama. Kini wisata ini mengusung wajah baru dengan nama JPI atau Jatipohon Indah. Tempat ini menawarkan pemandangan indah dari bukit Lamping. Tak hanya bisa berswafoto pengunjung juga bisa menjelajahi bukit hanya dengan Rp 5000 saja.

Tak hanya spot foto di kawasan ini juga tersedia area permainan anak, homestay kuno, dan kolam renang Langen Sari. Cukup lengkap bukan wisata yang satu ini.

2. Air Terjun Watuondo

Watu berarti batu dalam bahasa indonesia sedangkan ondo memiliki arti tangga. Jika diartikan secara keseluruhan watuondo berarti tangga dari batu. Ya, air terjun yang satu ini tebingnya memang terlihat seperti anak tangga yang bertingkat. Air jernih mengaliri batu yang berbentuk berundak seperti tangga.

Ketinggian air terjun ini mungkin sekitar 5 – 6 meter dengan air yang jernih. Sebelum mencapai air terjun kalian harus melewati hutan yang cukup memakan tenaga.

3. Air Terjun Gulingan

wisata-tanahair.com

Tempat yang satu ini cukup menarik karena air yang mengaliri air terjun ini berasal dari tiga sumber air dengan ketinggian berbeda. Tidak hanya air terjun yang bisa kalian nikmati di tempat ini. Kebanyakan wisatawan datang ke tempat ini sekaligus untuk olahraga offroad, camping, atau canyoning.

4. Api Abadi Mrapen (Wisata Grobogan)

travel.tribunnews.com

Api abadi Mrapen sarat dengan peristiwa dan sejarah. Keberadaan sumber api ini sering dikaitkan dengan cerita Tongkat Sunan Kalijaga. Di komplek wisata yang diberi nama Sendang Dudo ini terdapat sumber api abadi, sumber mata air, dan batu bobot yang konon jika bisa mengangkatnya maka keinginan kita akan terkabul.

Api abadi Mrapen pernah digunakan untuk beberapa acara besar, seperti PON XVI di tahun 1996, obor upacara Waisak, dan Pesta olahraga internasional Ganefo di tahun 1963.

5. Cindelaras (Wisata Grobogan)

wisata-grobogan.com

Wisata alam Cindelaras merupakan kawasan wisata seluas 3,5 hektar. Kawasan ini merupakan wisata alam hutan kayu putih. Sekarang kawasan ini lebih dikembangkan lagi guna menarik pengunjung. Terdapat 13 titik spot foto, foodcourt, dan camping ground yang bisa pengunjung nikmati. Tiket masuknya dikenakan biaya sebesar Rp 3000.

6. Sendang Wangi (Wisata Grobogan)

kabar24.bisnis.com

Sesuai dengan namanya air yang berada dalam kolam di Sendang wangi memiliki bau yang harum. Itu dikarenakan kandungan belerang yang ada dalam kolam ini. Unik memang karena biasanya bau belerang menimbulkan bau yang sedikit kurang sedap dan cenderung seperti obat.

Berendam di kolam ini juga dipercaya bisa mengobati penyakit kulit. Sendang ini berlokasi di Desa Sumberagung, Kecamatan Ngaringan.

7. White Canyon Mrisi

travellingyuk.com

Obyek wisata yang satu ini mulanya merupakan kawasan pertambangan batu kapur. Meskipun masih digunakan sebagai area pertambangan, tapi tempat ini juga dibuka untuk tujuan wisata. White Canyon Mrisi juga dikenal dengan nama wisata Tugulasi. Berkunjung kesini lebih asyik menjelang senja sambil menikmati waktu-waktu munculnya sunset.

Itu dia beberapa wisata Grobogan yang populer dan tidak biasa. Mana obyek wisata yang paling kalian ingin kunjungi?

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.