5 Wisata Jawa Tengah Seru yang Tersebar Di Beberapa Kota

Wisata Jawa Tengah – Jawa Tengah merupakan sebuah provinsi yang ada di Pulau Jawa. Wilayahnya berada diantara Jawa Barat dan Jawa Timur. Di tengah-tengah provinsi Jawa Tengah tepatnya di bagian selatan beberapa daerah berbatasan langsung dengan wilayah Provinsi DI Yogyakarta.

Tak hanya Yogyakarta, wisata Jawa Tengah juga menarik banyak pengunjung, baik itu wisatawan domestik hingga wisatawan mancanegara. Di wilayah provinsi yang seluas terdapat banyak pariwisata yang tersebar di beberapa kota dan kabupaten. Pastinya obyek wisata di Jawa Tengah tidak pernah mengecewakan.

Wisata Jawa Tengah

Akses untuk bisa mencapai tempat wisata Jawa Tengah juga terbilang mudah karena banyaknya sarana transportasi. Jawa Tengah mempunyai dua bandar udara serta beberapa stasiun. Kalian yang berasal dari luar daerah atau luar pulau tak perlu merasa khawatir akan transportasi. Berikut ini beberapa wisata Jawa Tengah yang bisa menjadi alternatif pilihan kalian.

1. Kota Solo Jawa Tengah

biluping.com

Dilihat dari segi sejarah Kota Solo merupakan pecahan dari wilayah Kerajaan Mataram Kuno selain Yogyakarta tentunya. Solo juga dikenal sebagai Kota Surakarta karena sejarah yang sama. Kasultanan Surakarta adalah nama kerajaan yang berada di wilayah Kota Solo.

Selain surabi dan keraton solo banyak wisata yang menarik dari kota yang satu ini. Kuliner menarik serta pasar murah merupakan sebagian dari daya tarik yang dimiliki oleh Solo.

2. Semarang Jawa Tengah

id.wikipedia.org

Semarang terkenal akan oleh-oleh khasnya berupa lumpia, baik basah maupun kering. Letaknya berada di Provinsi Jawa Tengah dan digunakan untuk nama sebuah kota dan kabupaten. Wilayah Kota Semarang secara garis besar sering dibagi menjadi dua, yaitu Semarang atas dan Semarang bawah.

Warga Semarang pasti mudah mengenali mana wilayah atas mana wilayah bawah. Pembagian ini sebenarnya bukan pembagian resmi. Ada yang mengatakan perbedaan suhu yang menjadi dasar pembagian wilayah ini.

Wilayah kota dan kabupaten memiliki daya tarik yang berbeda. Daya tarik bagi wisatawan untuk wilayah Kota Semarang adalah kulinernya. Sedangkan untuk wilayah kabupaten adalah kondisi atau wisata alamnya.

3. Magelang Jawa Tengah

radarsemarang.com

Magelang merupakan sebuah nama yang digunakan untuk sebuah kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Selain Candi borobudur yang terkenal hingga ke mancanegara, Magelang mempunyai tempat wisata lain yang tak kalah menarik.

Baik wisata di Kota Magelang maupun wisata di Kabupaten Magelang semuanya ramai oleh wisatawan terutama wisatawan domestik. Sebut saja ketep, taman Kyai Langgeng, hutan pinus, air terjun dan wisatalainnya. Wisata alam magelang merupakan obyek wisata yang sedang hits belakangan ini karena dicari untuk spot foto.

4. Kabupaten Temanggung

twitter.com

Kondisi geografis Temmanggung menjadikan daerah ini sebagai daerah yang diunggulkan dalam hal pertanian. Bidang pertanian juga dimanfaatkan sebagai wisata tetutama wisata edukatif agrotani. Banyak wisata yang berhubungan dengan pertanian yang bisa ditemukan di Temanggung.

5. Cilacap Jawa Tengah

alvarotrans.com

Daerah yang satu ini terkenal karena salah satu pulau yang ada di dalam wilayah administratifnya. Pulau tersebut adalah pulau Nusakambangan. Seperti yang kita ketahui bahwa di pulau ini terdapat sebuah lembaga pemasyarakatan (lapas) tempat penjahat kelas kakap dipenjara. Selain pulau Nusa Kambangan banyak wisata menarik yang ada di Kabupaten

Cilacap. Tak hanya kabupaten nama Cilacap juga digunakan untuk sebuah kota yang juga berada di Jawa Tengah. Bagi kalian yang menaiki kereta dengan rute Surabaya – Jakarta, Yogyakarta – Jakarta, atau daerah di bagian timur Jawa lainnya akan melewati Kota Cilacap.

Baik itu wisata alam, budaya , atau wisata buatan di Jawa Tengah selalu menarik untuk dikunjungi. Ajak sahabat atau keluarga kalian untuk berlibur di tempat-tempat wisata di atas.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.