Suasana Jogja | 9 Wisata Jogja Kota yang Tetap Istimewa

Wisata Jogja Kota – Jogja merupakan ibukota provinsi dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kota Yogyakarta atau yang lebih sering disebut Yogya atau Jogja adalah satu-satunya kota yang derada di Provinsi DIY.

Meskipun bernama Kota Yogyakarta nyatanya kota ini mempunyai logo dengan nama Jogja. Makna dan filisofi tiap logo yang dihadirkan pun berbeda-beda. Keunikan Jogja tidak hanya pada namanya, tapi seluruh aspek di dalamnya termasuk pariwisata.

Wisata Jogja Kota

Jogja itu istimewa tidak hanya karena negerinya (kerajaan) dan orang-orangnya saja, tapi juga makanan dan budaya. Makanan dan budaya yang ada di Jogja menjadi salah satu faktor untuk menarik para wisatawan.

Wisata Jogja Kota bahkan lebih dulu dikenal luas oleh para turis domestik dan mancanegara sebelum wisata alam kekinian di kabupaten lain di DIY. Inilah beberapa wisata Jogja kota yang selalu menarik minat wisatawan.

1. Benteng Vredeburg

alodiatour.com

Benteng Vredeburg merupakan bagunan peninggalan jaman Belanda. Saat ini difungsikan sebagai museum yang menampilkan perjuangan rakyat indonesia dalam melawan penjajahan. Semua ditampilkan dalam bentuk diorama. Dimana setiap diorama bisa menampilkan efek audio dan visual jika dimasukkan koin.

2. Taman Pintar (wisata Jogja kota)

jejakpiknik.com

Taman pintar merupakan suatu wahana edukasi yang menyajikan berbagai informasi terutama pengetahuan umum untuk anak-anak. Tempat ini juga menyatu dengan pasar buku shopping.

Wahana yang bisa dinikmati di tempat ini, antara lain gedung oval, wahana bahari, planetarium, kampung kerajinan, playground, dan beberapa wahana lainnya.

3. Kebun Binatang Yogyakarta

teduh.or.id

Saat memasuki gerbang kebun binatang pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan yang rindang.

Untuk melihat koleksi satwa pengunjung harus menuruni anak tangga yang cukup banyak. Bagian bawah tempat ini tidak serindang pintu masuk.

4. Keraton Yogyakarta

gulalives.com

Bagian utama keraton dibagi menjadi tiga bagian. Pertama, bagian muka yang berisi display-display raja, permaisuri, dan prajurit keraton dengan pakaian khasnya.

Kedua, bagian dalam keraton (keben) yang menampilkan benda-benda bersejarah dari Keraton Yogyakarta. Terakhir adalah bagian dimana tidak dibuka untuk umum dan merupakan tempat tinggal keluarga kerajaan.

5. Benteng (wisata Jogja kota)

mengakubackpacker.wordpress.com

Yogyakarta mempunyai empat buah benteng dimana salah satunya telah rubuh dan dialihfungsikan.

Wilayah yang berada di dalam beteng (jeron beteng) adalah milik sultan dan bangunannya tidak boleh lebih tinggi dari benteng itu sendiri.

6. Taman Sari Water Castle

justgola.com

Obyek wisata ini jaman dahulu merupakan tempat peristirahatan raja dan para selirnya. Di dalam wisata ini terdapat tempat peristirahatan, dua kolam besar, dan satu kolam utama.

7. Masjid Bawah Tanah Taman Sari

flickr.com

Masjid ini sebenarnya masih satu kawasan dengan dengan pemandian putri yang berada di Taman Sari.

Seperti namanya masjid ini berada di bawah tanah dimana di dalamnya terdapat sumur gemuling yang sekarang sudah ditutup. Banyak mitos tentang sumur gemuling sehingga membuat sumur tersebut akhirnya ditutup.

Pada dasarnya sumur gemuling merupakan sebuah lorong yang digunakan untuk menghindari musuh. Di masjid ini terdapat lima buah anak tangga yang melambangkan 5 waktu Shalat.

8. Museum Kereta Keraton

foss-bridge.com

Semua koleksi kereta milik kerajaan tersimpan di tempat ini. Kereta-kereta yang di pajang di museum ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Mulai dari kereta yang digunakan untuk pengantin kerajaan hingga kereta jenazah.

9. Situs Warung Boto (wisata Jogja kota)

akato.id

Situs Warung Boto tak jauh berbeda dengan wisata di Taman Sari. Tempat ini juga merupakan pemandian putri beserta raja sekaligus tempat peristirahatan.

Di situs ini juga terdapat tempat ibadah semacam mushala, tapi letaknya tidak di bawah tanah melainkan di lantai atas atau bagian atap. Lokasi wisata ini tak jauh dari kebun binatang Yogyakarta.

itu tadi beberapa wisata di Jogja bagian kota. meskipun banyak wisata baru bermunculan wisata di atas tetap istimewa di hati warganya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.