7 Wisata Jombang yang Terkenal dan Bikin Balik Lagi

Wisata Jombang –  Jombang merupakan sebuah kabupaten yang berada di bagian tengah Provinsi Jawa Timur. Daerah Jombang pernah sangat terkenal akibat kasus pembunuhan berantai yang dilakukan oleh seorang pria LGBT. Orang tersebut bernama Ryan, seorang pembunuh sadis yang telah membunuh 11 orang.

Terlepas dari skandal Ryan, Jombang dikenal sebagai kota yang damai sesuai dengan namanya. Nama Jombang sebenarnya merupakan sebuah akronim dari kata ijo dan abang yang berarti hijau dan merah. Warna hijau melambangkan santri sedangkan warna merah melambangkan kaum abangan (nasionalis/ kejawen).

Wisata Jombang

Di Kabupaten Jombang kedua elemen masyarakat tersebut hidup harmonis sejak dulu hingga kini. Bahkan warna dasar lambang Kabupaten Jombang terdiri dari dua warna tersebut. Selain itu kabupaten ini juga dikenal dengan beberapa tempat wisata Jombang yang menakjubkan. Inilah wisata-wisata Jombang yang perlu kalian tahu.

1. Pemandian Sumberboto

jombangcityguide.blogspot.com

Pemandian Sumberboto merupakan obyek wisata yang ada dalam kawasan hutan milik Perhutani. Di dalam obyek wisata ini terdapat kolam yang airnya bersumber langsung dari alam. Di tempat ini juga terdapat monumen perjuangan Wanara.

2. Candi Arimbi

situsbudaya.id

Candi Arimbi atau Candi Rimbi merupakan sebuah candi Hindu yang berkaitan dengan tokoh pewayangan Arimbi. Arimbi sendiri merupakan istri dari Werkudara atau Bima sakti. Lokasi dari Candi Rimbi berada di Desa Pulosari, Kecamatan Bareng, Jombang.

Area keseluruhan dari tempat bersejarah ini adalah 896,56 meter². Sedangkan bangunan candinya berukuran panjang 13,24 meter lebar 9,10 meter dan tinggi sekitar 12 meter. Kondisi candi saat ini agak kurang terurus dan belum direhabilitasi. Atapnya tersisa setengah bahkan sebagian badan candi juga runtuh.

3. Sendang Made

globalnusantara.net

situs pemandian ini terdapat beberapa kolam pemandian. Ada Sendang Drajat, Sendang Pengilon, dan Sendang Paomben.

Situs ini tidak terlepas dari cerita tentang pelarian Raja Airlangga. Bahkan di tempat ini juga ditemukan prasasti , arca, dan beberapa artefak bersejarah lainnya.

4. Kedung Cinet

ksmtpur.com

Apa diantara kalian ada yang beringinan untuk ngetrip ke grand canyon di Colorado? Nah, sambil menabung pergi ke miniaturnya terlebih dulu adalah ide yang bagus. Banyak wisatawan yang sudah mengunjungi tempat ini menganggap Kedung Cinet adalah miniatur dari grand canyon di Colorado.

Airnya jernih berwarna biru kehijauan disamping-sampingya terdapat tebing bebatuan yang tidak terlalu tinggi. Pamandangannya sangat indah apalagi untuk foto-foto.

5. Kedung sewu

frontoneinjombang.com

Destinasi wisata yang satu ini lokasinya sekitar 35 km dari pusat Kabupaten Jombang. Kedung Sewu merupakan tempat wisata yang berada di tengah hutan. Wisata ini masih jarang dikunjungi wisatawan karena kurangnya sarana dan prasarana padahal tempatnya sangat bagus.

6. Air Terjun Tretes

faktualnews.co

Air terjun Tretes merupakan air terjun tertinggi ketiga di Indonesia. Lokasinya berada di Taman Hutan raya (Tahura) Raden Soeryo. Ketinggian dari air terjun ini sekitar 158 meter yang letaknya di ketinggian 1.250 meter dpl di Gunung Jurug Guah, Komplek Gunung Anjasmoro.

Tempat ini merupakan hulu dari sungaai Sumber Watu Bonakah. Debit air di tempat wisata ini cukup deras sehingga pengunjung disarankan untuk tidak berada tepat dibawah kucurannya. Disekitar obyek wisata ini juga terdapat warung makan sehingga wisatawan tidak perlu merasa khawatir.

7. Perkebunan Wonosalam

goonewsfromindonesia.id

Di daerah wonosalam banyak terdapat agrowisata. Mulai dari wisata perkebunan durian, kopi, pisang, dan lain sebagainya. Selain bisa menikmati hasil kebun datang ke tempat ini juga bisa mengedukasi anak-anak.

Itulah tujuh pesona wisata yang ada di Jombang. Apa kalian tertarik pergi kesana?

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.