Surga Tersembunyi | 7 Wisata Kebumen yang Wajib Dikunjungi

Kebumen merupakan sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki banyak wisata Kebumen. Daerah ini belakangan sedang terkenal karena sebuah kanal di Youtube yang mengangkat cerita tentang anak-anak di sebuah desa di Kebumen. Selain ceritanya lucu dan menampilkan kepolosan anak-anak desa dengan bahasa ngapak.

Bahasa ngapak memang tidak hanya digunakan oleh warga di Kabupaten Kebumen saja, tapi juga beberapa daerah lain di Jawa Tengah. Bahasa ngapak Kebumen bisa dibilang paling terkenal diantara bahasa ngapak daerah lainnya karena aksennya terdengar paling lucu sekaligus gampang diingat.

Wisata Kebumen

Selain bahasa ngapaknya banyak hal menarik tentang Kebumen termasuk juga wisatanya. Mungkin wisata Kebumen belum se-terkenal wisata di daerah Jawa Tengah lainnya, tapi yang pasti tidak kalah menarik. Berikut ini beberapa wisata Kebumen yang bisa kalian kunjungi.

1. Gua Jatijajar

wartakebumen.com

Sebuah situs geologi yang terbentuk secara alamiah, tapi ada hal menarik lain dari gua ini. Bukan hanya gua batuan kapur saja yang bisa kalian nikmati, tapi pemandangan layaknya surga diperut bumi bisa kalian dapatkan.

Dengan tiket masuk sebesar Rp 5000 kalian sudah bisa menikmati keindahan gua sekaligus berfoto-foto. Bagian dalamnya telah dibangun fasilitas yang memudahkan pengunjung untuk menikmati panorama gua, seperti tangga dan pagar pelindung.

2. Gua Petruk

gotravelly.com

Obyek wisata yang satu ini masih terbilang asli tanpa sentuhan manusia. Tidak ada tangga, penerangan maupun fasilitas lainnya. Cocok sekali menjadi destinasi caving untuk para mahasiswa. Panjang keseluruhan dari gua inni sekitar 2 km. Pengunjung yang datang kesini disarankan untuk membawa head lamp, sepetu boot, helm, dan baju tahan air.

3. Gua Barat

jejakpiknik.com

Termasuk wisata gua yang paling populer di Kebumen. HTMnya sekitar Rp 50.000 perorang dan pengunjung sudah bisa menikmati goa bersama pemandu dilengkapi alat pengaman. Hal yang menarik dari gua ini adalah beberapa air terjun yang ada didalamnya. Banyaknya air terjun tentu saja membuat badan gua tergenang air. Kalian yang berkunjung harus siap basah basahan.

4. Curug Silancur

lelungan.net

Memiliki ketinggian 25 meter air terjun Silancur berada di Cagar Alam Nasional Geologi Karangsambung. Tempat ini juga dikenal karena banyaknya pengunjung terutama mahasiswa yang meneliti tentang formasi batuan sekitar. Lingkungannya masih alami bahkan masih jarang pengunjung.

5. Bukit Pranji

youtube.com

Bagi kalian yang sedang berwisata ke Kebumen dan mencari spot foto sunrise yang bagus disinilah tempatnya. Sama seperti kebanyakan bukit, dari bagian atas disuguhkan pemandangan sekitar yang sangat indah. Apalagi di waktu sunrise, backgroun matahari terbit, kabut serta awan memberi kesan seperti sedang berada di negri atas awan.

6. Pantai Ayah

travel.kompas.com

Salah satu pantai yang paling terkenal di Kebumen adalah Pantai Ayah. Pantai ini belokasi di Desa Ayah sekitar 53 km dari pusat kotanya. Memasuki kawasan Pantai Ayah pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 5000 belum termasuk parkir. Kawasan wisata pantai ayah menjadi satu dengan kawasan hutan jati milik perum Perhutani.

7. Benteng Van der Wijck

daerah.sindonews.com

Benteng ini berada di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah. Dinamakan Van Der Wick sesuai dengan komandan yang memerintah saat itu. Luas bangunan Benteng Van Der Wijck mencapai 3606 m² dengan tinggi 9,67 meter. Warna merah mendominasi bangunan bersejarah ini dengan arsitektur Belanda.

Nah setelah tahu tempat-tempat wisata mana nih yang menurut kalian paling asyik. Gua-gua yang ada di Kebumen bisa dibilang sangat indah dan berbeda dengan gua-gua di daerah lain. Wisata kebumen lainnya juga tak kalah menarik. Duh, jadi bingung ya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.