5 Wisata Lombok Favorit Wisatawan Domestik dan Mancanegara

Wisata Lombok selalu banyak menarik minat wisatawan, terutama wisatawan mancanegara. Lombok kini tak kalah menarik dari Bali. Sama seperti Bali lombok juga memiliki wisata alam yang tak kalah indahnya dengan Bali.

Wisatawan mancanegara bahkan sering salah mengira soal lombok adalah Bali atau merupakan bagian dari Bali. Di tinjau dari segi geomorfologisnya lombok memang tak jauh berbeda dengan Bali. Kedua daerah ini bahkan berdekatan. Bali dan Lombok sama-sama sebuah daerah yang berada di pulau kecil di Indonesia Bagian Tengah.

Selain wisata alam Lombok juga terkenal dengan wisata budayanya sama seperti Bali. Perbedaaannya wisata budaya dibali kental dengan aroma Hindu sedangkan di Lombok kental dengan nuansa Islam. Lombok yang berada di Nusa Tenggara Timur juga dikenal dengan Julukan daerah 1000 masjid karena banyaknya masjid berdiri disana.

Wisata Lombok

Selain terkenal dengan seribu masjid, mutiara, serta produk laut lainnya Lombok juga mempunyai tempat wisata yang menakjubkan. Berikut ini beberapa wisata Lombok yang tak boleh kalian lewatkan saat berkunjung kesana.

1. Pantai Tiga Gili

travelingyuk.com

Di barat laut Lombok terdapat tiga buah pula kecil yang berawalan Gili, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili air. Tiga gili di Lombok ini menjadi tempat favorit wisatawan manca negara selain pantai-pantai di Bali.

Meskipun terlihat sama ketiga pulau kecil ini mempunyai keunikan masing-masing yang membuat mereka berbeda satu sama lain. Pertama Gili Trawangan, merupakan pulau yang paling banyak pengunjungnya dan juga jadwal penyebrangannya. Disini suasananya benar-benar seperti di bali dengan banyak cafe sekaligus pub. Tidak dibolehkan mengendarai kendaraan bermotor.

Kedua adalah Gili Meno, tempat ini pernah dikunjungi oleh aktor Korea Gong Yoo. Terdapat koleksi burung langka dari Indonesia dan mancanegara. Sama seperti Trawangan, di Gili Meno pengunjung juga bisa berkeliling menggunakan sepeda dan cidomo.

Ketiga adalah Gili Air, di tempat ini bisa dibilang paling jarang pengunjung. Meskipun begitu pulau ini merupakan pulau yang paling dekat dengan pulau atau daratan utama Lombok.

2. Desa Sade

kintamani.id

Desa Sade merupakan sebuah desa di Lombok dimana penduduk suku asli lombok tinggal. Tempat wisata ini cukup dengan dengan bandara internasional Lombok Praya karena sama-sama berada di Lombok tengah. Dapat ditempuh dengan menggunakan mobil sekitar 30 menit dari bandara.

Di desa ini kalian bisa mempelajari kebudayaan suku Sasak. Mulai dari kerajinan tangan hingga lantai rumah mereka yang berasal dari kotoran sapi atau lembu.

3. Gunung Rinjani

cnnindonesia.com

Gunung tertinggi kedua di Indonesia ini berada di Pulau Lombok, NTB. Ketinggian Gunung Rinjani mencapai 3.726 m dpl. Bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang berada dalam wilayah tiga kabupaten, yaitu Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Lombok Barat.

Gunung rinjani merupakan salah satu spot pendakian terfavorit para pecinta alam. Rinjani merupakan salah gunung berapi aktif di Indonesia. Di Taman Nasional Gunung Rinjanin kalian juga bisa menikmati Segara Anakan, Gunung Barujari, Segara Endut, dan Gunung Rombongan.

4. Air Terjun Benang Kelambu

creokreasi.co.id

Salah satu air terjun paling terkenal di Pulau Lombok. Dinamakan benang kelambu karena airnya yang jatuh tipis-tipis seperti layaknya tirai. Air terjun ini berada di kaki Gunung Agung tepat ditengah-tengah pulau Lombok.

Wisata yang satu ini berjarak 32 kilometer dari Kota Mataram dan bisa ditempuh dalam waktu satu jam menggunakan kendaraan pribadi. Untuk masuk wisata ini kalian hanya perlu membayar Rp 5000.

5. Islamic Centre

coinaphoto.com

Masjid Raya Hubbul Wathan atau biasa dikenal dengan Islamic Centre (IC) merupakan sebuah kawasan terpadu. Arsitektur masjid ini sangat menawan. Telihat kemegahan dalam bangunan ini baik dari luar maupun di dalam.

Bagian bawah masjid merupakan sebuah ballroom yang biasa digunakan sebagai tempat pertemuan termasuk pesta penikahan. Masjidnya berada di lantai 2 dimana terdapat eskalator untuk menaikinya.

Itulah beberapa wisata Lombok yang bisa kalian datangi. Pastikan untuk menyiapkan kamera yang bagus karena tempat-tempat diatas pantas untuk diabadikan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.