5 Wisata Malam Jogja Paling Hits yang Tak Boleh Dilewatkan

Wisata malam di Jogja sangat menarik untuk dinikmati. Jogja merupakan kota dengan seribu cerita terutama bagi para pelajar dan mahasiswa pendatang.

Baik itu pengalaman sedih, menyenangkan, persahabatan, hingga cinta semua menjadi sebuah cerita yang indah dikenang.

Wisata di Yogyakarta bisa dibilang dapat mengambarkan semua perasaan tersebut. Banyak cerita yang terdapat dalam setiap wisata malam di Jogja.

Bahkan mungkin wisata malam di Jogja lah yang menbuat cerita-cerita tersebut semakin indah dikenang.


Wisata Malam Jogja


Ada beberapa alternatif wisata malam Jogja yang bisa kalian pilih. Mulai dari wisata kuliner, seni, dan lain sebagainya.

Kalian yang sudah pernah tinggal di Yogyakarta pasti akan rindu dengan wisata malamnya.

Berikut ini beberapa wisata malam Jogja yang ngehits dikalangan para wisatawan.

1. Alun-alun Selatan

jejakpiknik.com

Alun-alun selatan Kota Yogyakarta merupakan bagian dari Keraton Yogyakarta. Alun-alun Selatan memiliki fungsi yang sama seperti halaman belakang rumah dalam bangunan keraton.

Antara alun-alun utara dengan alun selatan memiliki perbedaan dan ciri khas masing-masing.

Alun-alun selatan akan berubah wijud saat malam hari. Tempat ini saat malam hari berubah fungsi menjadi tempat wisata malam sekaligus tongrongan muda-mudi Jogja.

Di tempat ini banyak penjual lesehan, becak hias dengan berbagai bentuk dan full musik, serta berbagai hal lainnya.

Sejak dulu alun-alun selatan terkenal akan mitos beringin kembarnya. Barang siapa yang bisa melewati jalan diantara kedua pohon dengan mata tertutup maka keinginannya akan terkabul.

2. Plengkung Gading

merahputih.com

Jogja terkenal sebagai kota yang masih menjunjung tinggi budaya termasuk juga kerajaan dan situs cagar budayanya.

Di kota ini bangunan-bangunan peninggalan kerajaan Mataram Kuno masih dipertahankan meski ada beberapa sedikit perubahan.

Salah satunya adalah plengkung, dimana bangunan ini dulunya berfungsi sebagai gerbang masuk. Ada beberapa plengkung yang masih berdiri kokoh, salah satunya Plengkung Gading.

Letaknya tak jauh dari Alun-alun Selatan. Plengkung ini juga dikenal sebagai gerbang selatan keraton Yogyakarta.

Terdapat tangga dibagian kanan dan kiri bagian dalam plengkung yang bisa dinaiki untuk menuju ke bagian atas.

Dari atas plengkung kalian bisa melihat keadaan sekitar dan juga berfoto.

3. Jl. Malioboro

jogja.co

Siapa sih yang tak kenal Jl. Malioboro bahkan wisatawan mancanegara pun sudah tak asing dengan jalan ini. Jalan ini berada dikawasan perbelanjaan Malioboro untuk menuju ke arah titik 0 km dan keraton.

Setelah dilakukan revitalisasi, Jalan Malioboro kian ramai pengunjung. Entah ingin berbelanja atau sekedar duduk-duduk sambil menikmati wifi gratis atau berfoto.

Saat malam hari kawasan ini akan semakin ramai pengunjung. Ditambah lagi banyaknya pedagang kaki lima yang menjajakan anekah hidangan lesehan.

Selain makanan lesehan saat malam hari di sepanjang jalan ini juga banyak ditemui grup pengamen jalanan. Keberadaan mereka menambah ramai dan seru tempat ini.

4. Angkringan Jl. Mangkubumi

bonvoyagejogja.com

Penikmat kuliner pasti tak boleh melewatkan wisata malam Jogja yang satu ini. Jl. Mangkubumi dimana ujung utaranya merupakan tugu Jogja dan bagian selatannya terdapat stasiun tugu merupakan tempat hits di Jogja.

Setiap malam akan banyak angkringan kekinian di sepanjang jalan. Menunya tidak hanya nasi kucing sambal teri dan sambal tempe saja, tapi berbagai sambal dan lauk lainnya yang bisa kalian pilih sendiri.

Selain itu kalian juga bisa mencicipi menu kopi joss yang terkenal dengan arangnya.

5. Tugu Jogja

flickr.com

Tugu jogja terletak dibagian utara Jl. Mangkubumi, tepatnya ditengah-tengah perempatan lalu lintas.

Meski kini telah diberi pagar pembatas nyatanya tak mengurangi pengunjung yang datang untuk berfoto. Apalagi dimalam hari yang bisa menghasilkan efek yang lebih dramatis.

Itulah beberapa wisata malam Jogja paling hits. Tidak hanya diminiati warga sekitar, tapi juga para wisatawan yang datang ke Kota Gudeng ini.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.