7 Wisata NTT yang Keindahannya Memanjakan Mata

Wisata NTT – Nusa Tenggara Timur atau yang disingkat dengan NTT merupakan sebuah provinsi yang berada di bagian timur Indonesia. Ibukota dari NTT adalah Kupang dan terdapat 22 kabupaten atau kota di dalamnya.

Wisata NTT

Provinsi NTT secara geografis terletak di bagian tenggara Indonesia. Tepatnya dibagian barat Pulau Timor yang berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste. Pulau Flores, Sumba, Timor, Alor, Lembata, Rote, Sabu, Adonara, Solor, Palue, dan Komodo merupakan pulau yang termasuk dalam wilayah Provinsi NTT.

Wisata NTT sangat terkenal bahkan mendunia berkat keberadaan Komodo. NTT dikenal sebagai provinsi yang terdiri dari banyak pulau. Hal ini sangat menunjang dalam industri pariwisata di NTT terutama wisata alamnya. Inilah beberapa wisata NTT yang memanjakan mata kalian.

1. Pulau Komodo

tribunnews.com

Pulau Komodo sebenarnya merupakan kawasan konservasi yang berbentuk Taman Nasional Komodo. Obyek wisata yang masuk dalam situs warisan dunia UNESCO ini rencananya akan ditutup pada tahun 2020 akibat adanya insiden penyelundupan atau perdagangan ilegal.

Penutupan ini dimaksudkan untuk melindungi populasi komodo sebagai hewan langka. Meskipun begitu rencana penutupan masih dalam tahap pembicaraan. Ada kemungkinan biaya atau tiket masuk dinaikkan hingga 5 kali lipat terutama untuk wisatawan mancanegara.

2. Danau Kelimutu (Wisata NTT)

grid.id

Danau yang ada di Gunung Kelimutu ini juga dikenal dengan sebutan Danau Tiga Warna. Dijuluki tiga warna karena memang air di masing-masing danau memiliki warna yang berbeda. Padahal ketiga danau tersebut letaknya berdampingan bahkan dalam sebuah cekungan besar.

Warna yang muncul di ketiga danau tersebut, antara lain putih, merrah, dan biru. Warnanya sering berubah-ubah dari waktu ke waktu. Tak hanya air danau yang terlihat indah pemandangan di sekitar danau juga tak kalah indahnya. Bagi kalian yang suka mengambil gambar menggunakan drone cocok banget berwisata kesini.

3. Gunung Mutis (Wisata NTT)

Gunung Mutis merupakan tempat atau titik tertinggi yang ada di Pulau Timor. Ketinggiannya sekitar 2458 meter dpal. Gunung ini terkenal akan kekayaan marmernya.

4. Pantai Nemberalla

beritagar.id

Pantai yang satu ini berada di Pulau Rote, NTT. Di Pantai Nemberalla sering diadakan event olahraga sufing baik skala regional maupun internasional. Ombak di pantai ini sangat bagus dan menantang untuk para surfer. Di tempat ini juga terkenal sebagai penghasil rumput laut terbesar di Pulau Rote.

Ada beberapa pilihan akses atau tranportasi menuju ke Pulau Rote dari daratan utama NTT atau dari ibukota provinsi (Kupang). Pertama via jalur udara yang memakan biaya sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu. Kedua menggunakan jalur laut dengan kapal ferry dalam waktu tempuh sekitar 3 – 4 jam. Biaya untuk menyebrang menggunakan ferry sekitar Rp 55.000.

5. Pantai Pink (wisata NTT)

Tak hanya Lombok yang mempunyai wisata Pantai Pink ternyata di Flores juga terdapat wisata serupa. Sesuai dengan namanya pantai ini memiliki pasir yang berwarna pink atau kemerahmudaan. Letaknya berada di Pulau Komodo, Labuan Bajo.

6. Taman Laut 17 Pulau Riung

floresislandtour.wordpress.com

Taman laut ini sebenarnya memiliki 24 kecil. Nama 17 disematkan karena hari kemerdekaan Indonesia jatuh pada tanggal 17 Agustus. Pasir di pantai ini putih bersih dengan air yang berwarna biru. Di tempat ini terkenal akan fenomena mawar laut. Diving di tempat ini adalah hal yang tidak boleh dilewatkan.

7. Rumah Adat dan Pasola Di Pulau Sumba

Pulau Sumba berdekatan dengan Pulau Sumbawa. Pulau ini sering dijuluki sebagai pulau yang terlupakan. Tempat ini memang tak sepopuler wisata lain di NTT, tapi disini kita bisa belajar mengenai addat dan budaya Sumba.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.