7 Wisata Purbalingga Terbaik yang Paling Diminati Wisatawan

Purbalinga merupakan sebuah kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah yang terkenal akan buah duwet dan jalak surennya. Secara geografis Kabupaten Purbalingga berada di daerah cekungan yang diapit oleh beberapa pegunungan.

Gunung Slamet dan dataran tinggi Dieng tepat berada di bagian utara Purbalingga. Sedangkan bagian selatan dilewati oleh sungai besar, yaitu Kali Serayu yang juga bagian dari Depresi Serayu. Beberapa anak sungai kali Serayu juga melewati wilayah Purbalingga.


Wisata Purbalingga


Kondisi alam yang beragam juga berpotensi terhadap perkembangan wisata Purbalingga. Banyak sekali wisata Purbalingga yang bisa dikunjungi. Baik itu wisata alam, wisata buatan, hingga wisata agro.

Akses untuk menuju Purbalingga saat ini hanya bisa melalui jalur darat, seperti bus dan kendaraan pribadi. Dahulu di Purbalingga terdapat stasiun kereta api, tapi kini sudah tidak difungsikan.

Adapula bandara yang biasa digunakan sebagai landasan militer. Berikut ini beberapa wisata yang ada di Purbalingga.

1. Owabong Waterpark

owabong.co.id

Owabong merupakan akronim dari obyek wisata air Bojongsari. Tempat wisata ini merupakan wahana permainan kolam renang, flying fox, dan arena gokart. Luas arena wisata ini sekitar 4,8 Ha. Wahana ini sempat menjadi primadona dan dikunjugi oleh wisatawan dari luar Purbalingga, seperti Tegal dan Cilacap. Jam operasional wisata ini mulai Pukul 06.00 – 18.00 WIB sedangkan tiket masuknya Rp 25.000 untuk weekday dan Rp 35.000 saat weekend dan libur nasional.

2. Curug Tempuran

lelungan.net

Curug tempuran merupaka sebuah obyek wisata yang sangat indah. Air terjunnya memang tidak terlalu tinggi tapi kolam dibawahnya tetap bisa digunakan untuk berenang. Kondisi alam sekitarnya sangat hijau dan asri.

Ditambah lagi banyak mata air yang mengucur dari sisi-sisi tebingnya. Lokasinya berada di Desa Bumisari. Untuk masuk ke wisata ini pengunjung masih belum dikenakan biaya.

3. Curug Nagasari

travel.kompas.com

Obyek wisata ini berada di Desa Tanalum, Kecamatan Rembang. Jam buka tempat ini mula dari jam 08.00 hingga 17.00 WIB. Harga tiket masuk ke wisata Curug Nagasari sekitar Rp 7000.

4. Taman Bungan Kutabawa

youtube.com

Taman bunga ini baru dibuka pada Maret 2017 dan langsung menarik wisatawan untuk berkunjung. Tak hanya pemandangan dari jajaran bunga indah yang bisa kalian nikmati, tapi juga beberapa spot yang bagus untuk mengambil foto.

Ada sekitar 18 jenis bunga yang tertanam di taman ini. Mulai dari lavender, petunia, marigold, irianics, begonia, celosia pagoda, hingga tanggo. HTM untuk menikmati wisata ini cukup murah, yaitu Rp 5000 saja.

5. Telaga Situ Tirta Marta

travelingyuk.com

Jangan ngaku anak kekinian kalau belum datang ke wisata yang satu ini. Telaga Situ Tirta Marta memiliki air yang sangat jernih karena hal itu juga tempat ini sering dijadikan spot foto bawah air. Banyak properti untuk berfoto yang sudah ditenggelamkan di dasar telaga. Untuk memasuki kawasan ini kalian hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 5000. Sedangkan yang ingin menyewa kamera sekaligus fotografernya harga yang harus dibayarkan sekitar Rp 150.000.

6. Goa Lawa

enaknyakemana.com

Gua yang satu ini juga sering disebut dengan Golaga. Wisata ini sebenarnya merupakan sebuah kawasan wisata Golaga yang terdiri dari 14 goa, Pancuran Slamet, balai pertemuan, taman bermain anak, dan spot-spot foto menarik.

Goa-goa di kawasan wisata ini sudah dimodifikasi dalam artian diberi penerangan, tangga dan pagar pengaman. HTMnya sekitar Rp 6000 untuk hari biasa sedangkan untuk hari libur dan weekend Rp 7500.

7. Purbasari Pancuran Mas

kompasiana.com

Kawasan wisata Purbasari Pancuran mas merupakan sebuah taman wisata pendidikan. Di dalamnya terdapat kolam renang, perahu dan sepeda air, kebun buah naga, serta akuarium ikan air tawar.

Itulah beberapa wisata Purbalingga yang murah meriah sekaligus menarik. Apa kalian tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat diatas?

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.