5 Lokasi Wisata Semarang yang Wajib Dikunjungi Saat Berlibur ke Kota ini

Berbicara tentang wisata Semarang maka banyak yang berkicau, “Jalan-jalan ke Semarang liat apa loh? Nggak ada tempat wisata di Semarang mah”! Eits mungkin kamu yang kurang gaul bro and sis! Hhehe

Sekilas Semarang memang terkesan hiruk-pikuk seperti Jakarta, karena terdapatnya banyak pabrik dan industri yang membuat cuaca menjadi panas. Namun, di balik semua itu Semarang juga memiliki spot-spot hits yang kini banyak dikembangkan seperti di kota-kota lainnya.

Wisata Semarang

Kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia ini juga kaya akan gudang wisata. Sebut saja Lawang Sewu, Kelenteng Sam Poo Kong, Pantai Marina, dan masih banyak lokasi-lokasi menarik lainnya.

Bagi kamu yang ingin mencoba liburan ke Semarang, berikut destinasi wisata Semarang yang wajib kamu kunjungi:

1. Lawang Sewu

merahputih.com

Nggak sah rasanya kalau ke Semarang tidak mampir ke landmark terpopuler di Semarang ini. Tentu kalian sudah tahu dong, dinamakan Lawang Sewu karena pintu dari bangunan kuno ini yang berjumlah seribu.

Bangunan kuno dan megah ini dipenuhi kesan mistis, sehingga untuk memasuki ruangan tertentu kalian harus dipandu oleh juru kunci setempat.

Khususnya jika kamu ingin memasuki ruang bawah tanah yang dulunya dijadikan sebagai penjara bawah tanah dan ruang penyiksaan oleh Belanda sebelum Indonesia merdeka.

2. Brown Canyon

ksmtour.com

Lokasi wisata Semarang yang kedua ini terletak di Rowosari, Meteseh, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah. Objek wisata ini dikatakan sebagai Grand Canyon versi Indonesia.

Brown Canyon merupakan lahan tandus bekas galian pasir, tanah urug, dan batu padas yang sudah berumur kurang lebih 10 tahun. Hasil galian tersebut menyisakan pahatan-pahatan unik pada pilar-pilar tebing yang tersisa.

Belum dikelola secara resmi sebagai tempat wisata, lokasi ini berjarak sekitar 30 menit dari pedesaan. Belum ada petunjuk jalan sehingga kamu harus banyak bertanya ke warga sekitar untuk menuju lokasi.

Jangan lupa memakai kacamata, masker, atau penutup kepala lainnya saat berkendara ya gengs, agar terhindar dari kepulan debu yang tebal.

3. Umbul Sidomukti

inews.id

Wisata Semarang yang ketiga ini berada di Semarang atas, tepatnya di kaki Gunung Ungaran. Di lokasi ini kamu dapat menikmati keindahan panorama bentang alam di kawasan Semarang Atas.

Sesuai dengan namanya, Umbul Sidomukti menyediakan kolam tempat pemandian yang sejuk dari mata air pegunungan sekitar. Lokasi ini senagaja dibangun di lereng bukit dengan tawaran view alam yang membentang.

Selain kolam pemandian, kamu juga dapat mencoba wahana outbound yang menantang adrenalin. Seperti meluncur menggunakan flying fox atau meniti jembatan tali yang tergantung setinggi puluhan meter dari dasar lembah.

4. River Tubing di Genting Kendal

semarang.solopos.com

Bagi yang senang dengan kegiatan memacu adrenalin, kamu dapat mencoba kegiatan river tubing ini. Medan sungai di Genting Kendal ini cukup berbahaya, berbentuk jeram yang diapit oleh bebatuan besar.

Bagi yang belum terbiasa, baiknya latihan di arum jeram yang tidak terlalu berbatu terlebih dahulu. Namun, bagi pecinta kegiatan olahraga air super ekstrem ini, tentu akan merasa tertantang dan langsung ingin mencobanya dong!

5. Kelenteng Sam Poo Kong

jejakpiknik.com

Satu lagi lokasi landmark wisata Semarang yang tak boleh dilewatkan, Kelenteng Sam Poo Kong. Bangunan ini dulunya dipercaya sebagai tempat singgah pertama dari Laksamana Tiongkok muslim bernama Laksamana Cheng Ho. Bagi para keturunan Tiongkok, Sang Laksamana ini dianggap sebagai leluhur asli mereka.

Kelenteng yang dipakai sebagai tempat pemujaan ini dibangun pada tahun 1724 dengan luas sekitar 3,7 hektar. Didominasi oleh warna merah, kelenteng ini sangat cucok buat hunting foto feed di akun sosmed kamu.

Mumpung dalam suasana imlek nih, buruan ke Semarang pasti Kelenteng Sam Poo Kong sedang bagus-bagusnya nih dipenuhi oleh hiasan dan pernak-pernik imlek. Gong xi fa cai!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.