5 Wisata Solo yang Menarik | Tak Melulu Tentang Kuliner dan Budaya

Wisata Solo terkenal dengan kuliner dan edukasi budayanya. Kebanyakan orang akan sengaja menebalkan kocek dan mengosongkan perut demi menikmati kuliner khas Solo yang beragam.

Tapi tahukah kamu jika wisata Solo tak melulu soal makanan dan budaya. Solo juga memiliki kekayaan alam tersembunyi di balik megahnya keraton dan istana lainnya. Di Solo ternyata juga ada wisata alam seperti bukit dan goa yang dapat menyejukkan hati dan pikiranmu.

So, jalan-jalan ke Solo menjadi tema yang menarik dong ya? Selain bisa berwisata dan semedi kamu juga dapat memuaskan hasrat jiwa dengan mencicipi kuliner-kuliner yang nikmatnya memanjakan lidah.

Wisata Solo

Ada apa aja sih wisata Solo selain wisata budaya dan kulinernya. Berikut pasberita.com rangkum buat kamu yang sudah tak sabar mengunjungi kota asal Pak Presiden Jokowi ini:

1. Grojogan Sewu

tempatwisatadaerah.blogspot.com

Grojogan Sewu terletak di desa Tawangmangu, sebelah barat Gunung Lawu. Air terjun dengan ketinggian 80 meter ini menjadi tempat wisata yang cukup terkenal dan diincar oleh banyak wisatawan yang plesir ke Solo.

For your information gengs, katanya Grojogan Sewu merupakan air terjun tertinggi di Jawa Tengah. Tuh luar biasa ya Kota Solo, empunya air terjun tertinggi loh!

Perjalanan menuju air terjun ini cukup menantang, yaitu kamu harus menempuh 1.000 anak tangga demi sampai ke lokasi air terjun ini berada. Sebuah perjuangan yang tak sia-sia kok gengs tenang saja!

2. Air Terjun Jumog

siapliburan.com

Wisata Solo kedua masih berupa air terjun nih. Kalau air terjun yang satu ini disebut-sebut sebagai surga yang tersembunyi di desa Karanganyar. Disebut sebagai surga karena memang pemandangan yang disajikan sangat asri dan menyejukkan.

Selain itu didukung oleh nuanasa alam yang sangat tenang dengan hawa pegunungan yang sejuk. Dijamin kamu betah berlama-lama disini dan tak mau pulang.

3. Taman Balekambang

travel.tribunnews.com

Sesuai dengan namanya taman ini terletak di Jalan Balekambang No. 1, Manahan, Banjarsari. Taman ini cocok dikunjungi bersama keluarga sambil menikmati keindahan pemandangan alamnya. Beberapa objek wisata yang ditawarkan yaitu adanya taman yang berisi tumbuhan-tumbuhan langka.

Selain itu, juga tersedia perahu yang bisa kamu nikmati sambil bermain air. Nah, sembari bermain tersedia juga berbagai macam jenis kuliner untuk memuaskan perut kosongmu loh.

4. Candi Cetho

bintang.com

Jika di Bali terdapat Candi Lempuyangan, maka di Solo ada Candi Cetho yang menawarkan panorama yang sama dengan Candi Lempuyangan.

Candi yang terletak di jalur pendakian Gunung Lawu ini merupakan tempat bersejarah peninggalan kerajaan Hindu. Terletak di lereng Gunung membuat candi ini mempunyai daya mistisnya tersendiri serta panorama alam yang tak kalah kerennya.

Keindahan alam yang membentang salah satunya dihiasi oleh bentangan perkebunan teh yang sangat luas. Sudah terbayangkan bagaimana keindahan candi di lereng Gunung Lawu ini?

5. Geopark Batu Seribu

atlasni.com

Geopark ini terletak di Jalan Raya Krisakelir KM 7, Tiyaran, Sukoharjo. Daya tarik dari tempat wisata yang satu ini yaitu dengan adanya fenomena Sumber Pacinan. Merupakan sumber air yang tak pernah kering meski dilanda musim kemarau.

Terdapat juga fasilitas lain berupa kolam renang, pemandian mata air, dan panggung kesenian. Bagi kamu yang benar-benar ingin bersantai dan menikmati udara sejuk yang tak kamu dapatkan di perkotaan, Geopark Batu Seribu pilihannya.

Itulah lima tempat wisata Solo selain kuliner dan budaya versi pasberita.com. Bagi kamu yang punya rekomendasi tempat menarik lainnya, boleh usul dengan cara komen di kolom bawah ya gengs. Nanti akan kita bahas di rubrik selanjutnya. Happy holidays!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.