6 Alternatif Wisata Temanggung untuk Menghabiskan Waktu Liburan

Wisata Temanggung banyak ragamnya, mulai dari wisata alam, buatan, agrowisata, dan banyak lagi. Temanggung merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonosobo di barat, Semarang di timur, Kendal di utara, serta Magelang di selatan.

Wisata Temanggung

Udara di Temanggung sangat sejuk karena kondisi geografisnya yang membuat sebagian besar wilayahnya berupa dataran tinggi. Seperti semboyannya, yaitu Temanggung Bersenyum (Bersih, sehat, nyaman untuk umum) wisata Temanggung juga demikian.

Kenyamanan itulah yang membuat wisata Temanggung populer. Tidak hanya warga setempat, wisata di daerah ini juga banyak dikunjungi oleh wisatawa dari daerah lain. Sebut saja wisatawan dari Magelang, Kendal, dan Yogyakarta. Berikut ini wisata populer yang ada di Temanggung.

1. Curug Onje (wisata Temanggung)

wisatane.com

Curug Onje merupakan wisata air terjun yang lokasinya berada di perbatasan antara Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Kendal. Air terjun ini masih terbilang perawan alias masih jarang pengunjung. Meskipun begitu wisata ini sudah tertandai di Google Maps sehingga kalian tidak perlu bingung untuk mencari jalan alternatif.

Air di Curug Onje sangat jernih, tapi jangan kesini saat musim hujan karena jalan akan menjadi licin dan air terjun sangat deras. Fasilitas yang terdapat di tempat ini cukup lengkap, mulai dari warung makan, kamar mandi, tempat istrirahat, area parkir, dan lain sebagainya.

2. Kledung Pass (wisata Temanggung)

wisatane.com

Tempat wisata yang pas untuk menikmati keindahan panorama gunung di Temanggung apalagi kalau bukan Kledung Pass. Di sini pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan Gunung Sindoro dan Sumbing dari ketinggian 2000 meter dpal. Fasilitas di tempat ini juga sudah sangat memadahi. Tempat ini dikelola atas kerjasama Pemerintah Temanggung dan Wonosobo.

3. Wana Wisata Jumprit

jateng.tribunnews.com

Wisata yang satu ini merupakan sebuah kawasan wisata yang menyajikan banyak hal. Mulai dari wisata alam, sejarah dan budaya. Wisata Jumprit awalnya merupakan wisata sejarah yang menyajikan makam Ki Jumprit saja. Kini wisata ini sudah menjadi kawasan wisata terpadu yang juga menawarkan wisata hutan pinus, Umbul Jumprit, dan makam Ki Jumprit.

Umbul Jumprit merupakan tempat sakral bagi umat Budha setempat. Setiap tahunnya air dari tempat ini digunakan untuk upacara Waisak. HTM untuk masuk ke umbul Jumprit sekitar Rp 5000.

4. Curug Surodipo

indeksberita.com

Obyek wisata air terjun atau Curug Surodipo berada di Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo. Likasinya masih asri bahkan jalannya pun belum diaspal. Sepanjang jalan menuju curug kalian akan disuguhkan pemandangan kebun bakau dan juga petaninya. Air terjun ini tidak hanya bisa dinikmati dari bawah, tapi juga dari gardu pandang.

5. Dataran Tinggi Posong

galuhpratiwi.my.id

Temanggung memang dikenal dengan kawasan dataran tinggi atau sejenisnya. Hal itu karena pengaruh kondisi geografisnya yang sebagian merupakan dataran tinggi. Temanggung bahkan tidak mempunyai pantai. Salah satu dataran tingggi yang paling terkenal di Temanggung adalah Dataran Tinggi Posong. Wilayah ini tak kalah menarik dari Dataran Tinggi Dieng. Apalagi pemandangan sunrise dan sunsetnya.

6. Desa Wisata Ngropoh (wisata Temanggung)

tagar.id

Desa Ngropoh merupakansebuah desa  yang ada di Kabupaten Temanggung. Daerah ini dijadikan kawasan wisata karena mempunyai daya tarik tersendiri. Banyak ritual adat dan budaya yang dilakukan warga di desa ini. Selain itu beberapa warga juga mengembangkan agrowisata kebun durian yang selalu mengundang wisatawan tiap tahunnya.

Itulah sedikit info mengenai beberapa wisata Temanggung yang menjadi unggulan. Pastikan untuk menyempatkan waktu kalian untuk berkunjung ke tempat-tempat diatas saat berada di Temanggung ya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.