Wisata Ungaran | 5 Destinasi yang Berbeda Bagi Si Jiwa Petualang

Ungaran merupakan ibukota dari Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Sebuah kota dengan destinasi wisata yang beragam dan menarik. Wisata Ungaran salah satunya didominasi oleh situs-situs bersejarah. Selain itu juga terdapat lokasi-lokasi wisata alam yang indah dan menakjubkan.

Berbagai spot unik berlatarkan panorama alam disajikan sangat apik di Kota Ungaran ini. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui potensi keindahan dari kota ini.

List Wisata Ungaran Bagi Si Petualang

Jika kamu memiliki jiwa petualang sejati, tentu kamu penasaran dong ada destinasi wisata menarik apa saja di Ungaran? Berikut uraian lengkapnya!

1. Waduk Rawa Pening

bbwspemalijuana.com

Pemandangan romantis di kala senja dapat kamu nikmati dengan duduk manis di pinggir danau seluas 2670 hektar ini. Sembali melepas lelah sejenak, keindahan pemandangan Gunung Ungaran, Gunung Merbabu, dan Gunung Telomoyo dapat kamu nikmati sekaligus.

Membayangkan bisa menikmati matahari terbenam di lereng tiga gunung sekaligus tentu menambah keeksotisan alam di lingkungan waduk Rawa Pening ini.

Sesuai dengan namanya “Pening” yang berarti bening, air danau ini memang sangat jernih dan bersih. Sudah bisa dibayangkan dong bagaimana mempesonanya lokasi ini?

2. Umbul Sidomukti

umbulsidomukti.com

Sudah terkenal melalang buana, tak sah rasanya jika ke Ungaran dan tidak mampir ke salah satu kawasan wisata yang juga terletak di lereng Gunung Ungaran ini.

Berada pada ketinggian 1200 mdpl, umbul ini memiliki daya tarik dengan pesona empat buah kolam renang bertingkat yang dimilikinya. Layaknya pesona sawah terasering di desa-desa. Airnya yang jernih bagian dari pesona utamanya, karena bersumber langsung dari mata air pegunungan.

Salah satu wahana yang menjadi andalan di lokasi ini yaitu flying fox. Kamu dapat menguji adrenalin dengan menaiki wahana flying fox sepanjang 110 meter yang melintas dari satu bukit ke bukit lainnya.

3. Gunung Ungaran

dolandolen.com

Gunung ini menyimpan banyak destinasi nan eksotis di dalamnya, di antaranya keindahan berbagai air terjun. Selain itu keindahan kawasan desa wisata di sepanjang lereng gunung ini juga tak kalah menarik.

Gunung Ungaran menjadi salah satu gunung yang banyak diincar oleh para pendaki. Karena tidak memiliki aktivitas vulkanik yang berbahaya, sehingga gunung ini aman untuk dijadikan sebagai kawasan perkemahan.

4. Candi Gedong Songo

inews.id

Candi ini dinobatkan sebagai situs bersejarah dengan lokasi tertinggi di Indonesia. Lebih tepatnya terletak di lereng Gunung Ungaran, Desa Banyukuning, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Awal mulanya candi ini terdiri dari sembilan bangunan, namun kini hanya tersisa lima bangunan dengan jarak yang cukup jauh. Tapi jangan khawatir kamu dapat menyambangi kelima bangunan tersebut dengan menunggangi kuda.

Terletak di dataran tinggi, disini kamu bisa menyaksikan perpaduan keindahan candi, hutan, lereng pegunungan yang diterpa mentari pagi sembari menikmati nyanyian burung saling bersahutan.

5. Taman Djamoe Indonesia

tripadvisor.com

Setelah membahas beberapa pesona alam di atas, Taman Djamoe Indonesia merupakan potret wisata alam dari sisi yang berbeda. Selagi menikmati pemandangan alam kamu juga dapat belajar mengenai berbagai jenis tanaman jamu dari seluruh Indonesia.

Sebuah kebun dengan luas kurang lebih 3 hektar ini akan menyambutmu dengan berbagai sajian jamu hangat yang siap untuk diminum. Bagi para pecinta jamu-jamu tradisional, yuk langsung cus kesini!

Kelima wisata Ungaran di atas cukup menarik untuk dikunjungi bukan? Apalagi semua destinasi wisata yang berada di lingkungan Gunung Ungaran, sungguh menyajikan pesona keindahan alam yang luar biasa. Penasaran dengan keeksotisannya, ke Ungaran dong makanya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.