Selain Dieng, Ini Dia 5 Destinasi Wisata Wonosobo yang Wajib Dikunjungi

Jika berbicara tentang wisata Wonosobo tentu yang pertama kali terlintas di benak kalian adalah dataran tinggi Dieng. Wah pecinta alam nih rupanya!

Dieng memang menyuguhkan objek-objek yang sangat menakjubkan. Mulai dari hamparan lereng perbukitan yang luas, kawah-kawah, telaga warna, hingga keberadaan situs bersejarah dapat kamu jumpai hanya di satu lokasi.

Objek Wisata Wonosobo Selain Dieng

Beberapa objek wisata menarik lainnya juga dapat kamu jumpai di Wonosobo. Bagi kamu yang sedang berkunjung ke kota ini, berikut kami rekomendasikan beberapa tempat hits dan menarik lainnya yang dapat kamu singgahi.

1. Bukit Sikunir

gomuslim.co.id

Masih berada dekat Dieng, Bukit Sikunir menjadi tempat hits para muda-mudi Wonosobo. Bukit ini terkenal dengan keindahan panorama sunrise nya. Berada di desa tertinggi di Jawa Tengah, membuat sunrise di bukit ini tampak berbeda dari tempat lainnya.

Asal-usul dinamakan Sikunirpun karena pancaran kuningnya sinar matahari di bukit ini menyerupai kunir, yang berasal dari bahasa Jawa yang berarti kunyit.

2. Lubang Sewu

berbagipengetahuan.site

Objek wisata ini baru saja diresmikan pada tahun 2015 silam. Lokasi ini menawarkan keindahan batu karang yang mengelilingi Waduk Waslintang.

Ketika musim kemarau tiba, waduk ini akan menampakkan muka terbaiknya, karena kondisi air sedang surut dan keindahan batu karang pun makin bertambah.

Selain wisata batu karang, di waduk ini kamu dapat melepaskan hobi memancingmu di beberapa spot tertentu sembari menikmati keindahan matahari terbenam. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui bukan, sambil wisata pulang-pulang bawa ikan.

3. Gunung Prau

lelungan.net

Menikmati keindahan negeri di atas awan dari puncak Gunung Prau menjadi destinasi favorit para petualang. Bagi para pendaki pasti pernah dong mengunjugi gunung tertinggi di Wonosobo ini.

Dari ketinggian 2.565 mdpl, kamu dapat menikmati keindahan sunrise serta sunset sekaligus. Tak hanya itu pesona magis dari Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing juga dapat kamu nikmati dari puncak gunung ini.

Jika kamu mengunjungi lokasi ini dikala musim penghujan, kamu akan dapat bonus dengan suguhan putihnya kabut awan di sekeliling bukit dan lereng pegunungan.

4. Curug Sirawe

tempatwisataindonesia.id

Curug dengan ketinggian air 70 meter ini berada di aliran Sungai Rawe, Dukuh Bitingan, Desa Kepakisan, Wonosobo. Untuk sampai ke lokasi kamu akan melalui jalan setapak menelusuri hutan.

Sesampainya di curug Surawe sensasi kesegaran khas hutan tropis akan kamu nikmati disini. Sesuai dengan namanya yang diambil dari kata “rawe” yang berarti suwiran. Curug ini masih tertutup rapat oleh hutan, sehingga cocok untuk menjauh dari kebisingan kota.

5. Goa Jaran

kubelick.com

Masyarakat setempat masih mempercayai jika goa ini memiliki aura mistis yang kuat. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya orang yang sengaja berkunjung untuk memperoleh wangsit atau bertapa.

Terlepas dari itu semua, goa yang berada di kawasan datarang tinggi Dieng ini Nampak mempesona karena keunikan bentuk mulutnya menyerupai kuda.

Jaran dalam bahasa Indonesia berarti kuda. Sepertinya namanya, tempat ini dipenuhi spot-spot cantik untuk berfoto.

Selain kelima destinasi di atas tentu saja wisata dararan tinggi Dieng wajib kamu kunjungi jika berada di Wonosobo. Terlalu sayang dilewatkan jika ke Wonosobo namun tidak ke Dieng. Pesona Telaga Warna dan Dieng Plateau Theater sedang menanti kedatanganmu.

For your information nih, Dieng Plateau menayangkan film dokumenter yang berjudul “Bumi Kahyangan”. Film dokumenter ini mengisahkan sejarah yang pernah terjadi di Dieng beberapa tahun silam. So, jika berkunjung ke Dieng, sisihkan waktumu untuk menonton dokumenter berlatar hitam putih ini ya..!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.